Translate

Friday, 23 January 2015

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar



Makalah adalah sebuah karya akademis yang umumnya diterbitkan dalam suatu jurnal ilmiah dan membahas suatu pokok permasalahan tertentu. Membuat sebuah makalah merupakan sebuah tugas yang dirasa sangat menyusahkan terutama bagi mahasiswa/i perguruan tinggi. Mengapa demikian ? Karena penyusunan sebuah makalah yang baik dan benar seharusnya memang harus diteliti dilapangan secara langsung. Kesulitannya bukan hanya sampai disini, ketika hendak menyusunkan kedalam sebuah kertas kita juga harus memperhatikan kertas apa yang harus kita gunakan, ukuran font dan urutan atau struktur penulisan makalah.


Bagi anda yang belum pernah membuat sebuah makalah sebelumnya ini memanglah menjadi hal yang pastinya membingungkan bagi anda, namun mau tidak mau anda harus belajar membuat makalah anda
Pada prinsipnya, makalah adalah bentuk terkecil dari penulisan karya ilmiah, walaupun seperti itu, harus tetap memperhatikan elemen-elemen karya ilmiah pada makalah itu sendiri, tanpa itu karya tulis kita tidak bisa disebut Makalah.

Setidaknya ada 8 elemen yang harus ada dalam Pembuatan Makalah yang Baik, diantaranya:

1. Cover
2. Judul Makalah
3. Kata Pengantar
4. Daftar Isi
5. Bab I Pendahuluan
6. Bab II Isi
7. Bab III Penutup
8. Daftar Pustaka

Setelah kita mengetahui elemen-elemennya, kita uraikan lagi konten-konten yang ada dalam tiap elemen diatas:

1. Cover

Cover makalah yang baik berisi:
  • Nama/ Judul Makalah
  • Tujuan dibuatnya makalah tersebut
  • Logo Lembaga/ Institusi
  • Penulis/ pemakalah yang mengajukan makalah tersebut
  • Nama Lembaga
  • Tahun Akademik.

2. Judul Makalah


Pada lembar ini, penulisan judul makalah hanya disertai nama penulis/ pemakalah (atau ada juga yang tanpa nama penulis/ pemakalah).

3. Kata Pengantar

Kata pengantar adalah prakata penulis/ pemakalah untuk menyuguhkan karya tulisnya kehadapan pembaca. KATA PENGANTAR ini berisi:
  • Salam pembuka
  • Mukadimmah/ pembuka
  • Sekilas proses pembuatan makalah
  • Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang dianggap membantu dalam pembuatan makalah tersebut
  • Penutup mukadimmah
  • Salam penutup
  • Dan terakhir, nama penulis/ pemakalah

4. Daftar Isi

DAFTAR ISI bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam pencarian materi yang ada dalam makalah tersebut berikut halamannya.

5. Bab I Pendahuluan

Pada elemen ini, kita mulai memasuki bab-bab makalah. Dimana dalam bab ini kita menerangkan konsep, rencana, gagasan, seputar permasalahan dan tujuan yang termuat dalam LATAR BELAKANG.
Setelah itu, adanya RUMUSAN MASALAH, yakni masalah-masalah yang kita temukan pada materi makalah yang kita angkat tersebut.

6. Bab II Isi

Dalam bab ini, kita mulai menguraikan isi/ materi makalah, mulai dari:
  • Pengertian/ definisi
  • Ulasan materi
  • Adanya alur perbandingan (kalau diperlukan)
  • dan Penyelesaikan masalah, berikut solusi dan kontribusi kita terhadap permasalahan yang ada pada materi makalah yang kita angkat tersebut.

7. Bab III Penutup

Pada penutup ini, kita kemukakan sambutan, terima kasih kepada pihak-pihak yang turut membantu dalam penyelesaian makalah tersebut.

Kemudian, dalam penulisan makalah yang baik, penulis haruslah membuka kesempatan kepada pembaca untuk memberikan kritik dan saran terhadap makalah kita. Hal ini bertujuan supaya dalam pembuatan makalah berikutnya lebih baik lagi. Ungkapan ini kita tempatkan dalam item KRITIK DAN SARAN.

8. Daftar Pustaka

Atau disebut juga DAFTAR KEPUSTAKAAN. Inilah bagian terakhir (sebelum cover belakang) dalam penyusunan sebuah makalah. Daftar pustaka ini berisi nama-nama literature yang kita jadikan referensi dalam pembuatan makalah tersebut.

Literature disini meliputi jurnal ilmiah, buku, majalah, surat kabar, media elektronik, interview juga bias dari website internet. Akan tetapi, keberadaan/ keabsahan website internet untuk dijadikan referensi karya ilmiah masih menjadi pertentangan di kalangan akademisi. Ada kampus yang memperbolehkan, ada juga yang mengharamkan.

Alhasil, lebih baik kita menghindari literature dari internet untuk memastikan karya tulis kita benar-benar ilmiah.
Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin menulis makalah nya ...
Salam Rumah Konsul


Baca Juga Artikel Lainnya : 

Ini Dia Hobi Pria Yang Disukai Wanita

Hobi pria yang disukai wanita :

1. Anak Band

kenapa wanita menyukai anak band? karena, anak band itu adalah salah satu hobi yang bisa dibilang sangat2 populer dan mudah terkenal…yang wanita cari adalah ketenaran itu sendiri…namun, ada juga wanita yang menyukai permainan musik tersebut…ia bermimpi berpacaran dengan personil karena ingin mendengarkan alunan musik dari personil band yang ia pacari. berikut adalah urutan ketenaran dari anak band yang disukai kebanyakan wanita :
#1.drummer
#2.vokalis
#3.gitaris
#4.keyboard
#5.bassist

2. Pemain basket


Maen basket itu keren dimata wanita karena lengan lelaki yang menurut penelitian adalah salah satu yang wanita gemari dari lelaki… pendapat yang lain seh, maen basket itu keren dan yang main pun tinggi-tinggi…







3. Pemain bola
Kurang tau juga alasannya kenapa, tapi yang jelas sepak bola adalah salah satu hobi lelaki yang disukai oleh wanita.

4. DJ (Disk Jockey)
kenapa DJ termasuk? karena DJ itu adalah seseorang yang identik dengan musik disko…yang menurut penelitian musik disko bila diiringi dengan dance..bisa membuat wanita bergairah dan meningkatkan libido….[ooo yeeeee].. dan di lain sisi, sang DJ bisa saja bertubuh seksi [idaman setiap wanita,bukan maho].

5. BreakDance
Rata2,break dancer (Bboy) itu orangnya keren2,ganteng2 n seksi2 !! itu kata2 seluruh wanita yang telah disurvey… sepertinya jawaban tadi mencakup semua penjelasan.

6. Perenang
terbukti…six pack yang lelaki miliki adalah keseksian bagi wanita…dan perenang tentunya memiliki postur perut sixpack.

7. Kutu Buku
Kutu buku? culun? anak mami? yang dimaksud  kutu buku disini bukan lah kutu buku yang culun, dan anak mami…tetapi seseorang yang sangat2 cerdas dan pintar di sekolah maupun dikampusnya…menurut sumber, wanita menganggap kepintaran itu adalah seksi.

8. Photographer
fotografer adalah hobi yang disukai cewek…. banyak cewek bening pacaran ama fotografer… ga tau kenapa…kalau ditanya kenapa…mereka bakal  jawab ‘dia bisa jadiin aq modelnya’…kayaknya kita ngerti  kenapa??

9. Anak Skate and Hip hop
sama seperti breakdancer (Bboy)…anak skate adalah salah satu hobi yang sedang masanya…alasan yang membuat wanita menggilai hobi lelaki jenis ini adalah sama apa yang mereka cari dari break dancer…ada sedikit nilai plus dari skaters adalah kebanyakan dari mereka adalah orang tajir.

10. Hobi modifikasi mobil

Nah, yang sangat mengerikan dari semua. Anak2 gini yang sangat dicari oleh wanita…kalo wanita uda denger kata ‘club mobil’…langsung tuh…senyum2 gak jelas….waspada!!!







sumber

Cara Menjadi Guru Yang Dicintai Siswa

Mengharap seseorang mencintai kita tentu tidaklah mudah. Namun, tentu saja bukan hal yang mustahil, apalagi jika kita telah banyak tahu tentang orang tersebut. Jika keinginan untuk dicinta tersebut berhasil, maka rasa senang tak terhingga pada diri kita. Cinta sejati, itulah cinta yang diharapkan. Bukan cinta buta yang sering membuat kita tidak terkontrol dan rela melakukan apa saja. Cinta sebenarnya anugerah dari-Nya yang tentu saja harus diusahakan kehadirannya dan dijaga kelestariannya. Melakukan apa yang disenangi dari yang diharapkan cintanya tersebut tentu suatu yang harus dilakukan. Seperti halnya guru yang mengharap cinta siswanya, haruslah mengusahakan segala yang disukai oleh siswanya itu.

Apa yang disukai siswa?
Dimana ada gula di situ ada semut. Demikian pepatah yang lazim untuk mengungkap kedekatan antara satu dengan yang lainnya. Apakah sesuai jika dikatakan: dimana ada guru di situ ada siswa? Jika kalimat tersebut untuk menyatakan yang terlihat kasat mata, bahwa interaksi belajar mengajar terjadi dengan keberadaan guru dengan siswa, maka hal tersebut benar. Namun, jika yang diharapkan seperti arti pepatah tadi, maka harus lebih diteliti lebih mendalam lagi. Semut akan mendekati dan mengerumuni gula karena mereka (semut) sangat suka mengonsumsi gula. Semut dengan rela dan ikhlas bahkan senang menyatu dengan gula. Semut akan merasa rugi jika gula ada disekitarnya tapi mereka tidak mendekatinya. Semut akan selalu merindukan gula.
Seringkali proses pembelajaran yang berlangsung yang menampilkan interaksi antara guru dan siswa, diselimuti keterpaksaan. Masing-masing hanya menjalankan fungsinya, tanpa ada rasa saling membutuhkan. Sering, bukan rasa senang yang ada dengan pertemuan guru siswa tapi malah perasaan jenuh dan membosankan. Tentu, tujuan dari berlangsungnya proses pembelajaran tidak akan tercapai jika kondisi tersebut senantiasa terjadi. Seperti halnya gula dengan rasa manisnya sehingga menarik semut untuk mengerumuninya, maka guru haruslah memahami apa yang disukai siswa sehingga siswa memunyai alasan untuk mencintai gurunya.

Hubungan antara guru dengan siswa adalah hubungan yang tidak sederajat. Artinya harus ada yang melakukan pengondisian sehingga hubungan harmonis dapat tercipta. Tentu dalam hal ini, guru merupakan factor penentu menciptakan hubungannya dengan siswa menjadi berhasilguna. Guru sejatinya mengondisikan dirinya sesuai apa yang diharapkan siswa ada pada gurunya. Sebagai guru, tentu telah memahami apa saja yang menjadi kesukaan siswa. Itulah yang harus dimunculkan dan biasakan ada pada saat interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Hampir semua siswa akan menyukai gurunya yang pintar dan beretika. Humoris tentu tak kalah pentingnya harus dimiliki guru sebagai hal yang juga disukai siswa. Kepedulian dan kasih sayang akan membuat siswa “kelimpungan” kepada gurunya itu. Serius dan tegas juga sekali-kali disukai siswa ada pula pada kepribadian gurunya. Sepatutnya, kesemua yang disukai siswa tersebut ada pada diri guru dengan tanpa hal yang dibuat-buat tetapi merupakan kepribadian yang melekat. Tapi, jika beberapa hal yang tak mungkin menjadi kepribadian guru, maka tentu saja dapat “dipaksakan” untuk dimunculkan. Jika seorang guru yang serius, sering sulit untuk humoris. Pada titik inilah, “perjuangan” untuk dicinta oleh siswa harus “dikobarkan”.

Menggapai Cinta Siswa yang Sejati
Cinta yang dimaksud tentu bukan cinta dengan lawan jenis, tetapi kecintaan antara pendidik dengan peserta didik. Jika seorang guru telah memunculkan apa yang disukai oleh siswa, maka kecintaan yang diharapkan dari siswanya akan hadir. Guru akan senang tatkala siswa menunggunya dengan keceriaan saat proses pembelajaran akan berlangsung. Guru akan gembira manakala siswa menantinya dan menanyakan alasan ketidakhadirannya. Guru akan optimis disaat kelas menjadi hidup dari keaktifan siswa mengikuti pembelajaran. Kesemua itu merupakan penjelmaan cinta siswa kepada gurunya.
Sangat disayangkan jika ada guru yang justru tak ingin dicinta oleh siswa. Bukan dari mulut lontaran ketidaksukaannya dengan cinta siswa, namun dari sikap dan prilaku guru tersebut. Guru yang hanya berkutat pada kondisi sekadar menjalankan tugasnya saja. Guru yang merasa cukup dengan kompetensinya yang tanpa perkembangan sejak awal menjadi guru. Guru yang tidak berusaha menciptakan suasana kelas yang hidup, bahkan memelihara kelas yang kaku dan “angker”. Guru yang hanya selalu ingin dimengerti dan dituruti oleh siswa. Guru yang merasa profesinya sebagai guru adalah untuk kepentingannya sendiri, bukan untuk kepentingan siswa. Semuanya itu merupakan sikap dan prilaku guru yang tak mengharap cinta siswa.

Cinta siswa yang sejati kepada gurunya, bukanlah berwujud ketegangan dan kekakuan dalam menerima pelajaran. Bukan pula senyum merekah saat bertemu guru dan tatkala guru telah berlalu berubah menjadi celoteh. Oleh karena itu, guru terlebih dahulu harus mencintai siswanya dengan memunculkan segala yang disuka siswa. Cinta siswa yang sejati kepada guru, akan mengalirkan apa yang guru harapkan kepada siswa, dapat terwujud. Keikhlasan dan kerinduan siswa menerima pendidikan dan pengajaran dari guru akan berwujud keberhasilan siswa sebagai harapan semua guru. Oleh karena itu, menjadi sangat penting menggapai kondisi dimana guru yang dicinta oleh siswa. Cinta sejati siswa akan terus dibawanya meskipun interaksi dalam proses pembelajaran dengan gurunya tidak terjadi lagi.

sumber 

Kita tidak akan pernah terlepas dari yang namanya "masalah"dalam kehidupan ini. Jika kita tidak memiliki masalah didunia ini lepaslah kodrat kita sebagai manusia (human), untuk kita ketahui masalah adalah harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Masalah beragam macam nya dari hal kecil hingga hal besar seperti cinta, masa depan, motivasi diri, konsep diri, dan sebagainya. Beban pikiran anda selama ini akan anda temukan jawaban nya di rumah-konsul.blogspot.com.
kirim masalah anda lewat email kami agar privasi anda lebih terjaga konsulrumah@gmail.com / Facebook : rumah konsul dan kami akan menceritakan nya lewat blog ini dan nama anda akan kami rahasiakan, tujuan kami agar bisa menjadi pelajaran bagi orang lain.

Hidup tak jauh dari kekurangan, tak perlu dilihat dari hal yang lebih tinggi, bisa ditemui dari kehidupan sehari – hari yang tak pernah kita sadari, yang terkadang kita mengganggapnya remeh. Rumah Konsul hadir bagi teman – teman untuk memberikan informasi,tips, trik, dan cara unik lainnnya sebagai penambah wawasan bagi teman – teman semua.

Happy Reading Friends…..