Translate

Saturday 31 January 2015

Penyebab, Gejala dan Pencegahan Alergi Susu

Kasus alergi susu menjadi begitu populer setelah sebuah tayangan iklan di televisi menunjukkan seorang anak yang mengalami alergi susu sapi hingga si pengiklan menawarkan susu kedelai sebagai solusinya. Namun pada kenyataannya, kebanyakan anak yang alergi susu sapi juga alergi terhadap susu kedelai.

Gejala Alergi Susu
Alergi susu merupakan kasus alergi makanan yang paling populer pada anak-anak. Selain susu sapi, susu kambing, domba, kerbau juga dapat menimbulkan reaksi alergi. Biasanya, anak-anak mulai mengalami alergi pada usia 3 tahun. Alergi susu biasanya terjadi beberapa menit sampai beberapa jam setelah anak mengkonsumsi susu.

Gejala alergi susu bervariasi dari ringan sampai parah. Gejala alergi bisa berupa sesak napas, muntah, bintik kemerahan yang gatal pada kulit dan masalah pada pencernaan. Pada kasus yang langka, alergi susu dapat menyebabkan anaphylaxis –reaksi parah yang mengancam jiwa.

Gejala Alergi Susu pada Anak


Gejala alergi susu berbeda-beda pada setiap orang dan terjadi dalam beberapa menit sampai beberapa jam setelah mencerna susu.

Tanda dan gejala alergi susu yang terjadi segera setelah mengkonsumsi susu antara lain:
  • Bintik merah dengan rasa gatal pada kulit
  • Napas sesak
  • Muntah

Tanda dan gejala alergi susu yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk muncul antara lain:
  • Kotoran encer, yang dapat mengandung darah
  • Diare
  • Kram pada perut
  • Batuk atau sesak napas
  • Hidung berair
  • Mata berair
  • Ruam kulit yang gatal, sering di sekitar mulut
  • Colic, pada bayi

Alergi susu atau milk intolerance (ketidakmampuan mencerna susu)?
Penting untuk membedakan antara alergi susu dengan ketidaktoleran terhadap susu atau laktosa. Tidak seperti alergi susu, ketidaktoleran terhadap susu tidak terkait dengan sistem imun tubuh. Ketidaktoleran terhadap susu menyebabkan gejala yang berbeda dan membutuhkan pengobatan yang berbeda pula dari alergi susu. Tanda dan gejala umum dari ketidaktoleran terhadap susu ini antara lain masalah pada pencernaan, seperti perut kembung atau diare, setelah mengkonsumsi susu atau produk yang mengandung susu.

Anaphylaxis
Pada kasus yang langka, alergi susu dapat menyebabkan anaphylaxis, reaksi yang mengancam jiwa yang dapat mempersempit dan menyumbat jalan napas. Jika anda atau anak anda memiliki reaksi terhadap susu, katakan pada dokter anda mengenai hal ini tidak peduli walaupun reaksinya ringan. Pemeriksaan dapat membantu memastikan alergi susu, sehingga anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menghindari reaksi yang buruk di masa mendatang. Anaphylaxis adalah kondisi darurat medis dan membutuhkan perawatan dengan suntik epinephrine (adrenaline). Tanda dan gejala yang dimulai setelah mengkonsumsi susu antara lain:
  • Kerusakan saluran pernapasan, antara lain pembengkakan tenggorokan sehingga sulit untuk bernapas
  • Wajah berkeringat
  • Gatal
  • Terkejut, dengan penurunan tekanan darah yang parah

Penyebab, Faktor Risiko dan Pencegahan

Penyebab Alergi Susu


Semua alergi terhadap susu disebabkan oleh malfungsi sistem imun tubuh. Sistem imun anda mengidentifikasi protein susu berbahaya bagi tubuh anda, memicu produksi antibodi immunoglobulin E (IgE) untuk menetralisir protein (yang dianggap sebagai alergen). Untuk selanjutnya, jika anda mengalami kontak dengan protein tersebut, antibodi IgE ini akan mengenalnya dan mengirimkan sinyal kepada sistem imun tubuh untuk melepaskan histamine dan zat kimia lainnya. Histamine dan zat kimia lainnya menyebabkan berbagai tanda dan gejala. Histamine mengambil peran dalam banyak reaksi alergi, antara lain hidung berair, mata gatal, tenggorokan kering, ruam, bintik merah yang terasa gatal, mual, diare, napas sesak dan anaphylaxis.

Ada dua jenis protein dalam susu sapi yang dapat menyebabkan reaksi alergi:
  1. Casein, yang ditemukan dalam bagian padat susu yang beku
  2. Whey, yang ditemukan dalam bagian cair susu yang tersisa setelah susu beku

Anda atau anak anda mungkin memiliki alergi hanya terhadap satu protein susu atau keduanya. Protein ini tidak hanya terdapat pada susu, tetapi juga pada makanan. Sebagai tambahan, kebanyakan dari mereka yang memiliki reaksi terhadap susu sapi juga alergi terhadap susu domba, kambing dan kerbau. Mereka yang memiliki alergi terhadap susu sapi juga dapat memiliki alergi terhadap susu kedelai.

Faktor Risiko Alergi Susu


Faktor tertentu dapat membawa anda ke dalam risiko mengalami alergi susu, antara lain:
  • Alergi lain. Banyak anak dengan alergi terhadap susu juga memiliki alergi lainnya. Seringkali alergi susu adalah yang pertama muncul.
  • Atopic dermatitis. Anak dengan reaksi kulit jenis ini lebih mungkin mengalami alergi makanan.
  • Sejarah keluarga. Anda berada pada peningkatan risiko alergi makanan jika salah satu atau kedua orangtua anda memiliki alergi terhadap makanan atau jenis alergi lainnya.
  • Usia. Alergi susu lebih umum pada anak-anak. Semakin bertambah usia anda, pencernaan anda akan semakin matang dan tubuh anda akan lebih kebal bereaksi terhadap susu.

Cara Pencegahan

Tidak ada cara pasti dalam mencegah alergi makanan terjadi untuk pertama kalinya. Tetapi anda dapat mencegah tanda dan gejala dengan menghindari makanan yang menyebabkan anda alergi. Jika anda mengetahui anda atau anak anda alergi terhadap susu, pastikan untuk menghindari produk susu. Ketahui apa yang anda atau anak anda makan dan minum. Bacalah label makanan secara seksama.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memberikan ASI sampai empat bulan pertama usia bayi dapat membantu mencegah alergi terhadap susu. Pada anak yang telah memiliki alergi terhadap susu, pemberian air susu ibu dan penggunaan hypoallergenic formula (formula yang terbuat dari enzim untuk menghancurkan protein susu) dapat mencegah reaksi alergi. 
 

Makanan-Makanan Pengusir Lemak


Camilan
1.    Apel
Ketika saya berusaha mengurangi berat badan, hal yang paling sulit saya ubah adalah makan cemilan manis,” ujar merry, 27. “Pertamanya memang sulit untuk terbiasa tetapi sekarang saya akhirnya menikmati makan cemilan buah, cemilan enak plus sehat.”
Penyajian: Makanlah apel dengan kulitnya, karena kulit apel memiliki kandungan pectin, yang memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2.    Yoghurt
Yoghurt mengandung bakteri baik, yang penting bagi kesehatan sistem pencernaan. Yoghurt juga mengandung kalsium, yang berfungsi menjaga kepadatan tulang. Sebaiknya, konsumsi paling sedikit tiga makanan yang mengandung kalsium per harinya, seperti yoghurt, susu, dan keju.
Penyajian: Sajikan yogurt dalam keadaan dingin. Yogurt yang mengandung susu sangat baik sebagai penyedia kalsium bagi tubuh. Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa dengan mengonsumsi makanan pengandung susu akan mempercepat penurunan berat badan. Jadi, bagi mereka yang mengonsumsi kalsium lebih banyak, akan semakin cepat berkurang berat badannya.

3.    Kacang mentah
Menurut Dr Peni M. Hartanto, mengonsumsi jenis kacang-kacangan tertentu dalam porsi kecil secara teratur, mampu membuat tubuh menjadi ramping. Selain itu, kacang-kacangan termasuk protein nabati yang tentunya sehat untuk dikonsumsi tubuh, beda dengan protein hewani yang banyak mengandung kolestrol. Karena itu, akan lebih baik jika Anda lebih banyak mengonsumsi protein nabati dalam keseharian.
Penyajian: Kacang almond, kenari, dan kacang brasil mentah mengandung kombinasi protein, serat dan lemak sehat, yang berfungsi menetralkan tingkat gula darah, mencegah timbulnya lapar setelah makan. Cobalah untuk makan camilan almond atau menambahkan kenari pada salad Anda, tapi ingat, hindari kacang panggang atau yang kacang yang telah diasinkan.


Sarapan pagi
4.    Keju lembut
“Saya biasanya memanggang dengan mentega, tetapi sejak saya mulai menggunakan keju lembut pada roti, saya tidak lagi candu dengan makanan manis di tengah hari,” ujar Ani, 23.
Penyajian: Keju lembut mengandung protein, yang mengeluarkan hormon pemberitahu otak bahwa konsumsi makan Anda sudah cukup. Carilah keju lembut yang memiliki kadar 335kJ dan satu gram lemak per 1/2 gelas.

5.    Telur
“Saya terbiasa melewatkan sarapan atau hanya makan roti panggang. Sekarang saya menggantinya dengan kedelai dan roti yang disajikan dengan telur rebus, yang mana membuat saya mampu melewatkan pagi yang sibuk tanpa rasa lapar,” ujar Catherine, 24.
Penyajian: Telur mengandung protein berkualitas, yang memiliki kemampuan untuk membuat Anda merasa kenyang penuh. Telur juga menyeimbangkan karbohidrat dengan mencegah pasokan insulin berhenti, yang dapat mengakibatkan kehilangan energi dan keinginan makan cemilan manis. Lebih baik konsumsi telur rebus dibanding telur goreng, atau Anda bisa membuat omelet yang berisi bayam, tomet, dan jamur.

6.    Sereal gandum
Dr Peni M. Hartanto, berpendapat bahwa sereal gandum termasuk golongan karbohidrat yang mempunyai kadar glikemik indeks rendah. Artinya, kandungan karbohidrat di dalam bahan makanan tersebut mempunyai potensi yang rendah untuk menaikkan kadar gula darah, yang artinya juga sangat efisien dalam pemakaian produk insulin. Efisiensi pemakaian insulin ini yang menyebabkan bahan makanan dapat memberi daya tahan lebih lama dalam pemakaian energi. Sehingga membuat kita lebih tahan terhadap rasa lapar dibandingkan dengan pemakaian bahan makanan dengan glikemik indeks tinggi. Dimana insulin akan cepat terpakai untuk merubahnya menjadi energi, yang dengan secepat itu pula akan membuat Anda mudah lapar.
Penyajian: Gandum memiliki serat yang mudah larut, sehingga memperlambat proses pencernaan dan menetralkan level gula darah. Semangkuk bubur gandum di pagi hari dapat mencegah Anda kelaparan di tengah hari.


Lunch
7.    Alpukat
“Saya melakukan diet ketat selama enam minggu dan herannya berat badan saya tidak turun sama sekali, padahal saya sudah kelaparan setiap waktu,” kata cindy, 27. “Yang tidak saya sadari adalah banyak makanan low-fat yang sebenarnya memiliki kandungan gula tinggi.”
Penyajian: Alpukat mengandung 83 persen lemak sehat, yang mampu membantu tubuh untuk memetabolisme lemak lain. Mengonsumsi makanan lemak sehat membantu pembakaran lemak sehingga tidak menimbun di tubuh.

8.    Daging ayam tanpa tulang, tanpa kulit
“Saya ingin tampil bugar dan menghilangkan berat badan, jadi setiap hari saya berjalan sekitar 30 menit, melatih tubuh 3 kali seminggu, dan mengonsumsi makanan berprotein, seperti daging ayam tanpa tulang, tanpa kulit,” ujar Sinta, 28. “Walau timbangan saya belum berubah, tapi saya telah kehilangan 3 persen lemak, yang membuat saya semakin ramping.”
Penyajian: unsur protein yang terkandung dalam daging ayam dapat digunakan untuk mempertahankan metabolisme dasar, guna membantu pembakaran lemak. Konsumsilah ayam boneless, namun jangan makan bagian kulitnya, karena banyak mengandung  lemak.

9.    Kacang polong
Dr Peni M. Hartanto mengatakan bahwa kacang polong termasuk bahan makanan dengan glikemik indeks yang rendah. Juga termasuk yang berserat tinggi. Sehingga memberi rasa kenyang lebih lama.
Penyajian: Kacang polong memiliki kadar lemak rendah, namun berserat tinggi dan mengandung anti nutrient, yang memperlambat proses penyerapan, membuat Anda merasa telah makan banyak. Cobalah sup kacang polong dengan menaruh sayuran dan sedikit sosis sapi untuk memberi rasa gurih.


Dinner
10.    Salmon
Ikan salmon kaya akan asam lemak omega 3, yang berfungsi membantu menurunkan level kolesterol darah, dan juga mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.
Selain itu ikan salmon juga kaya akan vitamin D. “Vitamin D dapat menaikan level serotonin, salah satu zat yang mempengaruhi tingkat stres, sehingga dapat memperbaiki rasa stres. Dimana efek jangka panjangnya, membantu memperlambat terjadinya proses penuaan,” terang Dr Peni M. Hartanto.
Penyajian: Lemak ikan mengandung fatty acid yang membantu tubuh Anda membakar lemak lebih efisien dan terhindar dari penyakit. Dr Peni merekomendasikan sedikitnya tiga porsi ikan per minggu. Anda bisa mengolesinya dengan saus barbeque dan menyajikannya dengan salad atau sayuran rebus untuk penyajian makan malam instan.

11.    Brokoli
Sayuran ini tidak saja berkalsium tinggi, namun juga dipenuhi kandungan Vitamin C, yang akan memaksimalkan penyerapan kalsium. Brokoli membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga menghindarkan Anda dari penyakit kanker.
Penyajian: Masak brokoli dengan air lemon, almond iris, wijen, dan sedikit keju parmesan.

12.    Lemon
“Saya biasanya memperlengkapi makanan dengan krim dan terobsesi dengan caesar salad, dengan pikiran bahwa karena berisi selada, maka pasti sehat,” kata Niki, 20. “Lalu saya mengetahui bahwa caesar salad mengandung lemak sama banyaknya dengan lasagna. Sekarang, saya lebih memilih memakai perasan lemon dibandingkan krim.
Penyajian: Selain rasanya yang menyegarkan, lemon juga mensuplai vitamin C bagi tubuh Anda. Dengan menambahkan perasan lemon segar ke makanan, Anda tidak perlu lagi memakai banyak garam untuk memperkaya rasa, sehingga tidak akan menambah lemak di tubuh Anda.


Dessert
13.    Buah strawberi
Bukan saja rasanya lezat, strawberry mengandung carotenoids yang memerangi kanker, dan pectin yang membuat cepat kenyang. Sajikan dengan yoghurt untuk mendapatkan rasa yang nikmat sekaligus tanpa rasa bersalah.
Penyajian: Sajikan strawberi atau blueberry dengan yoghurt rendah lemak atau campur kedalam smoothie Anda.

14.    Puding rendah lemak
“Saya baru saja menemukan dessert paling tepat, yaitu puding beras rendah lemak,” ujar Sissil, 26. “Puding tidak mahal dan tidak harus dibeli dalam kiloan. Sangat cocok dimakan dengan sedikit madu atau sirup maple.”
Penyajian: Puding beras adalah dessert lezat namun bernutrisi. Kandungan lemak yang rendah dan kandungan rasa yang beragam membuat pudding dapat dinikmati tanpa rasa bersalah. Sajikan dalam keadaan dingin atau panas dengan buah segar, seperti strawberi, pisang, atau kiwi. Dijamin, keinginan Anda untuk makan cemilan akan segera hilang.


Minuman
15.    Teh hijau
“Saya memiliki pekerjaan yang sungguh membuat saya stres, dan tanpa sadar untuk menghilangkannya, saya meminum kopi 3 gelas per harinya. Sekarang, saya berganti ke teh hijau, karena kandungannya yang sehat dan mampu menenangkan diri saya dalam menghadapi pekerjaan,” ujar Melinda, 29.
Penyajian: Sebuah studi yang bernama The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa polyphenol dalam teh hijau dapat mempercepat tingkat metabolisme tubuh dengan menstimulasi thermogenesis (pembakaran lemak). Diperlengkapi dengan antioksidan, teh hijau membuat kulit lebih sehat, dan membantu memerangi penyakit dan pengrusakan akibat radikal bebas.

16.    Air putih
“Tubuh saya berhasil turun 22 kg setelah dua tahun saya menjadikan air putih sebagai pengganti minuman bersoda,” ujar Fifi, 23. “Sekarang saya mengonsumsi air putih 2 liter per harinya, yang membuat saya lebih berenergi dan positif sepanjang hari.”
Penyajian: Air putih menjaga tubuh dan kulit agar tidak kering, dimana sangat penting bagi proses eliminasi zat buangan dalam tubuh. Seringkali, ketika Anda pikir sedang lapar, sebenarnya mungkin Anda sedang haus. Jadi cobalah untuk meminum segelas air sebelum Anda makan camilan berlemak. 

Tanda - Tanda dan Penyebab Penyakit Stroke

Tanda-tanda penyakit Stroke:
  1. Terjadinya keadaan yang tidak biasa seperti mati rasa sebelah badan, mengalami kesemutan, bagian bawah kulit seperti perih terbakar dan mengalami baal di salah satu sisi tubuh.
  2. Melemahnya otot, terasa kaku dan menurunnya fungsi sensorik.
  3. Terjadi gangguan penglihatan seperti pandangan gelap dan berbayang sesaat.
  4. Menurunnya kemampuan dalam mencium dan mengecap serta sering terjadi gangguan dalam menelan makanan maupun minuman sehingga sering keselek
  5. Hilangnya kemampuan untuk menahan kencing sehingga sering terjadi kencing tanpa disadari.
  6. Hilangnya keseimbangan tubuh, gerakan tubuh tidak terkoordinasi dengan baik, berjalan menjadi tertatih-tatih dan menjadi sulit kadang terjadi kelumpuhan
  7. Mengalami gangguan untuk memahami pembicaraan orang lain, dan menurunnya dalam hal menulis, membaca dan berhitung dengan baik
  8. Terjadi gangguan dalam bicara sehingga kata-kata yang keluar menjadi tidak jelas, pelo, gagap bahkan sulit memikirkan kata-kata yang akan diucapkan 
  9. Menjadi pelupa atau dimensia, mengalami vertigo atau pusing, perasaan berputar saat tidak melakukan aktifitas.
  10. Kelopak mata kadang menjadi sulit untuk dikendalikan atau dibuka
  11. Banyak tidur dan selalu ingin tidur 
  12. Terjadi gangguan kesadaran, bahkan mengalami pingsan atau tak sadarkan diri
  13. Menjadi lebih sensitif sehingga mudah tertawa dan menangis

Penyebab terjadinya penyakit stroke dibagi menjadi 2 yaitu:
  • Faktor perilaku, terjadi karena perilaku atau gaya hidup yang tidak sehat, kurangnya beraktifitas dan berolahraga, pola makan yang tidak dijaga, sering mengkonsumsi makanan cepat saji seperti junk food atau fast food, minuman beralkohol, merokok, minuman bersoda, sering mengalami suasana hati yang tidak terkontrol seperti marah-marah dan emosi tanpa alasan yang jelas.
  • Faktor medis, penyebab utama yang memicu terjadinya stroke yaitu mengalami hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi, kolesterol dan arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah, menurut data statistik 80% penyebab stroke terjadi karena penyakit tersebut, dan penyebab lainnya terjdi dikarenakan oleh penyakit jantung, diabetes, mempunyai riwayat keturunan terkena stroke dalam keluarga dan migren.
sumber 

Awas, Efek Negatif Makan Tengah Malam

Baru-baru ini, ilmuwan medis Jepang mengadakan riset tentang kebiasaan makan terhadap sekelompok orang berusia 30-40 tahun. Mereka menemukan bahwa 38.4 % penderita kanker lambung, memiliki kebiasaan jam makan malam yang tidak teratur.
Selaput kelenjar lambung adalah suatu lapisan yang menyelimuti seluruh permukaan lambung, terdiri dari bermacam-macam zat dan termasuk salah satu kelenjar yang cukup rumit. Usia sel-sel dalam selaput kelenjar tersebut sangat pendek, kira-kira hanya 2-3 hari, setelah itu harus digantikan (regenerasi) dengan sel-sel baru. Proses regenerasi ini biasanya berlangsung pada malam hari, yakni ketika lambung dan usus beristirahat. Sehingga jika kita sering makan diatas jam makan malam (tengah malam), dapat menyebabkan lambung dan usus tidak dapat beristirahat serta melakukan proses regenerasi dengan sempurna.

Selain itu, apabila kita langsung tidur usai makan tengah malam, makanan akan mengendap lebih lama dalam lambung, sehingga akan menimbulkan rangsangan dalam lambung untuk mengeluarkan lebih banyak cairan kelenjar. Bila rangsangan ini terjadi dalam jangka waktu lama, dapat mengakibatkan selaput kelenjar lambung menjadi busuk dan menyebabkan luka sehingga daya tahan tubuh jadi menurun.

Lebih parah lagi jika makanan tersebut mengan-dung zat penyebab kanker, seperti makanan yang diproses dengan cara digoreng, dibakar ataupun dipanggang. Jika mengendap lama dalam lambung, dapat berakibat buruk bagi selaput kelenjar lambung dan akhirnya menimbulkan penyakit kanker lambung.

Artikel Tentang Psikopat

Jika ketika Anda mendengar kata Psikopat, maka apakah yang terlintas di dalam benak Anda? Jika yang terlintas dalam benak Anda adalah sosok pembunuh berdarah dingin maka cepat-cepatlah buang pemikiran itu jauh-jauh sekarang, mungkin ada benarnya, namun ternyata belum tentu psikopat adalah seorang pembunuh.

Psikopat dalam ilmu psikologi merupakan bentuk gangguan kepribadian, dimana penderita bertendensi narsistis dan juga antisosial. Seorang psikopat tidak pernah mengakui atau merasakan bahwa dirinya sakit atau memiliki gangguan, mereka memiliki kepercayaan diri berlebih (narsistis) sehingga mampu mempengaruhi orang lain, tidak merasa bersalah atau menyesal atas setiap tindakannya karena memiliki rasionalisasi pembenaran terhadap perilakunya.

Korban-korban mereka juga bukanlah orang yang cenderung bodoh, dalam buku without conscience, Robert Hare, seorang yang mengabdikan sebagian hidupnya untuk studi tentang psikopat, menyebutkan bahwa dirinya yang merupakan seorang psikolog pernah menjadi korban dari teror seorang psikopat saat dirinya sedang bertugas sebagai psikolog di penjara. Hal tersebut dilakukan oleh seorang napi yang menjadi pasiennya.

Kemampuan psikopat dalam memanipulasi korban cenderung sangat lihai dan sulit untuk terdeteksi. Memang ada banyak psikopat yang sudah ditangkap dengan berbagai macam kasus mulai dari pembunuhan, penipuan, pemerkosaan, penganiayaan, pencurian, kekerasan, dan berbagai bentuk tindak antisosial lainnya, namun diluar sana ternyata  80% psikopat masih beredar bebas dan hidup disekitar kita (sumber: without conscience- Robert Hare).

Para psikopat memang sulit untuk diperkirakan dan juga tidak mudah untuk ditebak tindak-tanduknya, berbeda dengan jenis penyakit kejiwaan lain seperti skizofrenia yang cenderung terlihat dengan jelas ciri-cirinya pada seorang penderita seperti menarik diri dari lingkungan sosial, mengalami waham, halusinasi. Sedangkan para psikopat, mereka terlihat baik dan normal sehingga mereka dapat diterima oleh masyarakat bahkan hingga dilapisan tingkat sosial yang paling tinggi sekalipun seperti menduduki suatu jabatan penting dalam pemerintahan.

Dalam sebuah Surat kabar online (Tempo Interactive : Psikopat disebabkan Masalah Psikososial dan Biologis) menyebutkan bahwa psikopat disebabkan oleh masalah psikososial dan biologis. Dalam artikel tersebut seorang psikiater, Dr. Limas Sutanto, mengatakan bahwa psikopat merupakan gejala seseorang yang mengalami gangguan kepribadian antisosial. Hal ini ditandai dengan adanya keengganan untuk mentaati norma-norma sosial umum yang biasanya ditaati orang dewasa ditengah kehidupan sehari-hari. Penyebab gangguan ada dua yaitu psikososial dan biologis.

Faktor psikososial diantaranya berbentuk rasa takut seseorang untuk menjalin hubungan yang dekat dengan sesama manusia yang berakibat munculnya perasaan cemas, takut dan khawatir secara berlebihan. Sedangkan dari faktor biologis terjadi karena adanya perubahan pada psikis kimiawi tubuh yang disebabkan oleh ketakutan, rasa cemas, frustasi, pada seseorang. Rasa cemas itu muncul karenanya ada kegagalan dalam struktur kepibadian yang bernama super-ego, katanya.

Namun pendapat bahwa psikopat ditentukan oleh dua faktor yang saling menunjang   kurang disetujui oleh Robert Hare, dimana didalam buku without conscience beliau mengatakan bahwa penyebab dari kemunculan psikopat masih belum bisa diprediksi secara pasti, apakah hal tersebut merupakan pengaruh dari faktor eksternal (kehidupan sosial, lingkungan) ataukah faktor internal (genetik, kerusakan fungsi otak), mungkin juga campuran dari keduanya. Walau kini sudah banyak ahli yang menyetujui (dengan pengamatan yang mendalam tentunya) bahwa faktor eksternal dan internal saling mempengaruhi dalam menjadi penyebab munculnya pribadi psikopat.

Wajar jika seseorang khilaf, melakukan kesalahan dan pelanggaran, lalu setelah itu insyaf, menyadari kesalahannya dan menyesal. Tetapi didalam diri seorang psikopat selalu ditemui khilaf saja tanpa pernah insyaf. Mereka selalu kambuh untuk melakukan kesalahan yang sama dan diulang-ulang tanpa pernah belajar dari apa yang pernah mereka alami. Sebagai contoh kebanyakan dari para residivis kambuhan merupakan individu dengan kepribadian psikopat karena mereka tidak pernah kapok ditangkap serta keluar-masuk penjara.

Psikopat bersikap manipulatif serta penuh dengan daya pikat. Hal ini ditunjang oleh kemampuan mereka dalam menemukan titik lemah dalam kepribadian korbannya, yang dengannya mereka dapat memanipulasi korbannya agar dapat diperlakukan sesuai dengan kehendak mereka. Mereka tidak memiliki empati, buta secara emosi dan hanya mengandalkan pikiran murni. Mereka cacat secara moral, cacat karena tidak memiliki mata hati dan kepekaan dalam emosi.

Dalam hal emosi seorang psikopat diibaratkan seperti manusia yang buta warna sedang mengendarai mobil dijalan dan kemudian bertemu dengan lampu merah, mungkin ia mampu mengetahui dimana letak lampu hijau, kuning atau merah walaupun ia tidak mengetahui apa warnanya. Letak lampu untuk mewakili pikiran dan warna lampu mewakili emosi, dengan kata lain mereka adalah pribadi yang tidak mampu merasakan penderitaan orang lain yang menjadi korbannya. Mereka tidak bisa mencerna nada emosi dalam suatu pembicaraan, sehingga setiap kata apa yang mereka dengar selalu serupa dengan artian kamus yang dangkal.

Seseorang psikopat cenderung sangat sulit untuk bisa disembuhkan bahkan beberapa ahli mengatakan bahwa hal itu adalah mustahil untuk bisa dilakukan. Walaupun ada yang pernah memberikan terapi kelompok dalam menyelesaikan masalah ini, ternyata hal tersebut dapat dikatakan sia-sia, bahkan membuat mereka menjadi semakin berbahaya dikarenakan mereka mempelajari trik-trik baru dalam bersosial melalui terapi kelompok yang diberikan.

Yang menjadi kekuatan psikopat terhadap korbannya adalah dengan memanfaatkan kelemahan-kelemahan, entah itu rasa percaya diri, harga diri, dan juga kelemahan-kelemahan lain yang terdapat dalam diri korban, mereka memanfaatkannya untuk dapat mengendalikan korban secara fisik dan mental, sehingga korban merasa hancur dan putus asa dalam menjalani kehidupannya tanpa disadari.
Cara yang terbaik untuk mensikapi hal ini adalah dengan pengenalan diri yang baik pada diri calon korban, ketika seseorang mengetahui apa saja titik lemah yang ada dalam kepribadiannya maka ia dapat mewaspadai setiap usaha psikopat untuk mengambil keuntungan darinya. Mungkin mereka datang dengan berbagai macam cara yang telah mereka manipulasi dan palsukan, namun jika seseorang lebih mengenal siapa dirinya dan ditunjang dengan kekuatan mental yang baik  maka para psikopat tidak memiliki kesempatan untuk melakukan kejahatan terhadap sang calon korban. Tetaplah waspada.

Kenali Drama Queen Dalam Diri Anda

'Drama queen' adalah julukan bagi seorang wanita yang gemar  mendramatisasi kehidupannya, agar terdengar lebih seru layaknya kisah sebuah sinetron. Bumbu drama terkadang memang membuat cerita menjadi lebih asyik dan menarik perhatian orang-orang di sekitarnya.

Menurut American Psychiatric Association –yang menjadi rujukan para ahli kesehatan jiwa— gejala tersebut merupakan jenis gangguan kepribadian yang disebut histrionic personal disorder (HPD). Karakteristik gangguannya meliputi emosi yang meledak-ledak, sering mencari perhatian dengan berbagai cara yang dramatis, dan memiliki kebutuhan yang sangat besar untuk diperhatikan. Akibatnya, tidak jarang mereka melakukan cara-cara seduktif yang kurang pantas demi mendapatkan perhatian tersebut.

Percaya atau tidak, ternyata setiap manusia memiliki potensi ‘drama queen’ atau 'drama king' dalam diri mereka. Akan tetapi ada perbedaan antara yang masih 'normal’ dengan yang sudah bersifat gangguan HPD.

Psikolog Ratih Ibrahim dari Personal Growth mengemukakan, seseorang masih berada dalam tahapan normal sejauh perilakunya masih dalam tampilan yang wajar (bisa ditoleransi). Tahapan wajar ini dapat dinilai dari apakah sifat ‘drama’ tersebut tidak mengganggu kualitas hidupnya. Maksudnya, tidak dihantui oleh ketakutan dan kebutuhan untuk diperhatikan orang lain –atau menurut istilah masa kini: 'banci' eksis,  tidak mengganggu orang lain, dan relasi dengan orang sekitarnya masih terjalin secara harmonis. Begitu pula dengan kualitas okupasinya (karya dan pekerjaannya) sehari-hari.
Lantas bagaimana kita mengidentifikasi orang-orang dengan kepribadian HPD di sekitar kita? Bagaimana pula kalau ternyata drama queen itu adalah diri kita sendiri? Menurut Ratih, sepintas lalu mereka bisa dikenali dari kepribadian mereka sehari-hari. Tipe HPD biasanya tampil sebagai pribadi yang sangat ‘hidup’, antusias, dramatis, provokatif (secara seksual), dan flirtatious (senang 'menggoda' lawan jenis).

Menurut World Health Organization, seseorang dengan kecenderungan HPD memiliki setidaknya 3 atau lebih dari beberapa karakteristik berikut ini:
•Suka mendramatisasi kehidupannya atau mengeluarkan emosi secara berlebihan
•Mudah terpengaruh orang lain.
•Berpikir picik dan bersifat labil.
•Selalu mencari-cari cara untuk menjadi pusat perhatian.
•Menampilkan perilaku-perilaku seduktif secara terang-terangan.
•Terlalu mencemaskan (over-concern) daya tarik fisiknya sendiri. 

Friday 30 January 2015

Bahaya Apel Import yang Dilapisi Lilin

Apel washington
Bagi penggemar buah-buahan khususnya apel, mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa buah yang memiliki banyak khasiat tersebut ternyata juga berbahaya.Makan buah apel di udara yang terik sangatlah menyegarkan. Apalagi apelnya masih fresh keluar dari kulkas dan kandungan airnya tinggi. Selain banyak mengandung vitamin C, buah apel juga kaya akan oksidan, yang menurut penelitian zat ini bisa mencegah penuaan dini. Namun tahukah Anda bahkan dibalik kesegaran penampilan buah apel yang menggugah selera itu tersimpan kadar zat pengawet berupa lilin (wax).
Banyak apel yang beredar di masyarakat sekarang ini ternyata lapisan kulit luarnya telah dilapisi lilin / wax. Hal ini dilakukan para produsen Apel supaya buah apel tersebut dapat bertahan lama. Apel yang telah dilapisi wax tersebut bisa bertahan sampai 1 tahun dan masih tetap kelihatan segar karena wax tersebut melindungi apel dari bakteri sehingga bakteri tadi tidak dapat menembus ke dalam kulit apel.Cobalah anda ambil apel import yang warnanya bagus dan mengkilap seolah tidak ada cacat atau busuk, kemudian kerok dengan pisau tajam apa yang akan anda dapatkan persis seperti yang saya lakukan dibawah ini.
  Inilah yang menyebabkan buah apel meskipun telah lama beredar dari mulai pemanenan tetapi masih tetap kelihatan segar! Apel dan buah-buahan lain yang menggunakan pengawet berupa lapisan lilin kebanyakan berasal dari buah-buahan import yang didatangkan dari (khususnya Amerika) dan beberapa negara asia lainnya. Buah apel dengan pengawet lapisan lilin ini sanggup bertahan hingga setahun, bahkan masih tetap kelihatan segar. Buah apel ini biasanya di import dari Amerika dengan lama perjalanan dengan kapal laut sekitar 1-2 bulan agar tidak busuk maka digunakanlah zat lilin untuk mengawetkanya dengan cara mencelupknya di cairan lilin.
Salah kaprahnya lagi buah-buahan import khususnya apel sering dijadikan buah tangan bagi orang sakit, baik itu saudara, teman rekan kerja, karena ketidak tahuan bahaya dibalik buah import ini. Orang sakit kok dikasih racun, padahal justru kulit dari apel itu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.Kebanyakan Orang dan rata-rata orang mengupas kulit buah apel sebelum dikonsumsinya, namun tahukah anda manfaat yang terkandung pada kulit buah apel?, berdasarkan dari sebuah hasil penelitian, telah menunjukan bahwa kulit buah apel mengandung banyak zat lilin yang dikenali dengan sebutan sebagai asam ursolat. Beberapa Para peneliti di University of Iowa, telah Menjelaskan bahwa zat tersebut tenyata mampu meningkatkan pertumbuhan otot-otot dan menekan atrofi otot pada hewan tikus yang telah dijadikan sebagai percobaan. Hasil dari penelitian tersebut kemungkinan besar akan terjadi juga pada otot-otot manusia.
Kulit Apel
Kulit buah apel diketahui juga mampu mengurangi dan membakar lemak pemicu obesitas, kadar gula darah (pemicu penykit Diabetes), kolesterol, dan trigliserida dalam tubuh manusia. Maka dari itu, sudah tidak mengherankan jika manfaat dari kulit apel kerap dijadikan sebagai bahan pengobatan herbal untuk otot dan gangguan metabolisme seperti penyakit diabetes (kencing manis).
“Atrofi otot adalah merupakan masalah besar dan bisa serius yang cukup umum. Kondisi ini sudah banyak memengaruhi kesehatan seseorang, misalkan ketika selama terjadinya sakit atau sedang bertambahnya usia manusia. Tidak ada obat untuk menghentikan masalah itu,” kata Christopher Adams, endokrinologi dan penulis senior studi tersebut seperti yang telah dikutip dari Daily Mail (8/6).
Adapun atrofi atau atrophia terjadi karena tidak digunakannya otot atau kurangnya latihan fisik. Pada kebanyakan orang, atrofi disebabkan tidak menggunakan otot secara cukup. Misalkan saja orang yang terbaring di tempat tidur dalam jangka waktu tertentu atau para astronaut yang jauh dari gravitasi bumi.
“Kami mempelajari aktivitas gen otot pada penderita atrofi dan menggunakan informasi tersebut untuk menemukan zat kimia yang dapat memblokir atrofi Salah satu bahan kimia itu sangatlah menarik yakni disebut asam ursolat. Bahan ini terkonsentrasi pada kulit buah apel,” tambahnya.
Menurut para peneliti, asam ursolat mengurangi atrofi otot dengan mendorong faktor pertumbuhan seperti insulin-1 (IGF1) untuk membangun otot. “Hal itu dilakukan dengan membantu dua hormon pembangun otot yakni insulin -1 (IGF1). Karena asam ursolat meningkatkan otot, ia mengurangi atrofinya. Uniknya, pada tikus, kulit buah apelmemiliki keuntungan lain yakni mengurangi lemak tubuh, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol,” jelasnya.
Selain itu, meskipun asam ursolat meningkatkan berat otot pada tikus, tapi tidak menambah berat badan. Selain itu, tikus percobaan yang mengkonsumsi asam ursolat memiliki lemak tubuh yang lebih sedikit.
Manfaat Kulit Apel Dapat Mencegah Obesitas
Riset terbaru beberapa ilmuwan di university of iowa mengklaim, zat alami yang terdapat didalam kulit apel bisa menambah pembakaran kalori serta turunkan risiko obesitas. temuan ini pasti menyebabkan harapan, mengingat obesitas serta penyakit berkenaan layaknya diabetes serta perlemakan hati jadi problem kesehatan global.
layaknya yang dipublikasi didalam jurnal plos one, senyawa alami yang terdapat didalam kulit apel itu dikenal dengan nama asam ursolat.
didalam kajiannya, tim yang dipimpin christopher adams dari fraternal order of eagles diabetes research center, university of iowa, pelajari dua grup tikus yang diberi diet tinggi lemak sepanjang sebagian pekan. 1/2 dari hewan ini terima konsumsi asam ursolat, sesaat sisanya tidak. yang menarik yaitu, tikus yang diberi asam ursolat condong konsumsi semakin banyak makanan berlemak daripada tikus yang tidak memperoleh suplemen serta tak ada perbedaan kegiatan diantara ke-2 grup tersebut.
Akhirnya tunjukkan, tikus yang diberi asam ursolat condong sedikit alami menambahkan berat badan, sesaat tingkat kandungan gula didalam darah mereka juga mendekati normal. tikus yang diberi asam ursolat juga tidak alami problem berkenaan obesitas serta perlemakan hati. Didalam studi ini, kami menguji kerja asam ursolat pada tikus yang mempunyai diet tinggi lemak, menggunakan jenis tikus yang obesitas serta sindrom metabolik. sekali lagi, kami lihat asam ursolat dapat menambah rangka otot. menariknya, senyawa ini juga bisa kurangi obesitas, pra-diabetes, serta perlemakan hati.
Peneliti juga mengaku terperanjat dikarenakan tahu bahwa asam ursolat dapat menambah kandungan lemak coklat ( brown fat ) serta pembakaran kalori. layaknya diketahui, peningkatan kandungan lemak coklat didalam tubuh bisa menolong membuat perlindungan diri dari obesitas.peneliti yakin, lemak coklat cuma dimiliki oleh bayi, yang lantas hilang sepanjang masa kanak-kanak. tetapi, hasil tehnik pencitraan yang tambah baik tunjukkan bahwa orang dewasa sebenarnya juga mempunyai sedikit kandungan lemak coklat yang ada diantara leher serta tulang belikat.
sebagian penelitian sudah menghubungkan peningkatan kandungan lemak coklat dengan rendahnya tingkat obesitas serta tingkat sehat dari kandungan gula darah serta lipid ( lemak ) darah. perihal ini menunjukkan bahwa lemak coklat bisa menolong menghindar obesitas serta diabetes.studi kami tunjukkan bahwa asam ursolat menambah otot rangka serta lemak coklat untuk menambah pembakaran kalori, yang pada gilirannya membuat perlindungan diri dari obesitas, pra-diabetes, serta perlemakan hati berlemak, kata adams.
lemak coklat amat berguna serta beberapa orang sudah berupaya melacak langkah untuk meningkatkannya. pada titik ini, kita tidak paham bagaimana asam ursolat dapat menambah lemak coklat. yang terutama yaitu kita tidak paham apakah asam ursolat dapat beruntung orang-orang. langkah setelah itu yaitu kami dapat memastikan apakah asam ursolat bisa menolong pasien, paparnya.
Perlakuan terhadap buah yang diberi lapisan lilin sebelum dikonsumsi harus dicuci dengan menggunakan sabun. Tanpa sabun, mustahil lapisan minyak pada lilin pelapis bisa luntur. Setelah dicuci bersih, buah harus dikeringkan. Jika sudah kering, simpanlah di lemari pendingin. Bungkuslah buah dalam plastik dengan porsi sesuai kebutuhan. Plastik penyimpan sebaiknya tidak sering dibuka tutup, sehingga buah akan segar lebih lama.
Sebenarnya pelilinan buah-buahan tidak mengandung racun bila menggunakan lilin lebah/propolis (tetapi propolis kurang ekonomis karena mahal harganya). Yang paling dikuatirkan buah-buahan itu rawan kandungan pestisida kemudian terlapisi lilin sehingga pestisidanya masih menempel pada buah. Kandungan pestisida inilah yang berbahaya bila sampai termakan, bisa menyebabkan banyak penyakit diantaranya kanker, leukimia, tumor, neoplasma indung telur dll.
So usahakan selalu mencuci buah pakai sabun untuk menghilangkan lilin sekaligus kandungan pestisidanya. Selamat menikmati buah tanpa lilin!
 

Batu Akik Terpopuler dan Termahal

Jika selama ini, cincin batu permata banyak digunakan kalangan orang-orang yang sudah dewasa namun belakangan cincin sudah banyak digunakan kalangan muda dan remaja bahkan saat ini cincin dengan batu akik telah menjadi tren dan gaya hidup, sehingga harga batu cincin semakin mahal karena semakin banyaknya peminat dari berbagai kalangan. Berikut ini jenis batu cincin akik populer dan termahal di Indonesia :

1. Batu Bacan
1 batu-bacan 
Batu bacan merupakan jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.
Kedua jenis batu ini menag tengah menjadi incaran, baik bagi penghobi maupun kolektor. Perbedaan batu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan sendiri mulai dari ratusan ribu puluhan juta rupiah.

2. Batu cincin Safir
1 batusafir 
Safir merupakan batu permata yang diminati banyak kalangan baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Namun harganya yang mahal tidak semua orang mampu memiliki jenis batu alam yang indah ini. Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah atau untuk perhiasan jenis lainnya.
Batu permata ini memiliki banyak variasi warna seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu. Khasiat batu safir dipercaya untuk menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya

3. Batu Cincin Zamrud
batu zamrud 
Jenis permata ini memiliki warna hijau bening sampai hijau tua dan sudah dikenal banyak orang sejak ribuan tahun sebagai permata indah dengan harga mahal. Batu zamrud memiliki kekerasan 7.5 pada skala mohs  dan permata ini dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian.

4. Batu Cincin Ruby
Batu Ruby sering juga disebut batu merah delima termasuk salah satu dari sekian banyak batu permata yang paling disukai di dunia termasuk di Indonesia. Harga batu ini bervariasi tergantung tingkat keunikan dan kualitasnya. Batu ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian

5. Batu Topaz
blue topaz
Batu topaz memiliki banyak warna seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan masih banyak lagi negara penghasil batu yang banyak diguakan sebagai perhiasan ini.
Seperti batu mulia pada umumnya, topaz dipercaya menandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya baik yang berkaitan dengan kesehatan jazmani maupun  rohani seperti menghilangkan depresi, memaksimalkan daya kerja otak serta dipercaya bisa membawa kedamaian.

6. Batu Opal (Kalimaya)
batu kalimaya 
Opal atau Batu kalimaya merupakan jenis batuan mulia yang paling banyak dicari baik oleh penghobi maupun kolektor. Keindahan batu ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan mereka yang baru mengenal batu mulia sekalipun akan tertarik dengan pesona batu yang mampu mengeluarkan aneka macam warna tersebut.
Batu opal di Indonesia dikenal dengan istilah kalimaya dan banyak ditemukan di Daerah Banten. Harga batu kalimaya sendiri bervariasi tergantung kualitas layaknya batu akik pada umumnya. Harga batu opal/kalimaya termahal sekita 2.500 dollar/karat.

7. Batu Sungai Dareh
1 sungai-dareh 
Batu akik sungai dareh termasuk salah satu batu cincin populer dan termahal saat ini. Batu asal Sumatera Selatan itu kini tengah menjadi incaran para penghobi maupun kolektor. Popularitas batu itu mulai menanjak sejak Presiden SBY dan Barak Obama (Presiden Amerika) di duga mengenakan batu tersebut di jari tangan mereka.
Harga batu sungai dareh berkualitas tentu saja sangat mahal bahkan, namun untuk kualitas sedang yang banyak dijual di pasaran lokal harganya cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

8. Batu Giok
batu giok 
Di Indonesia batu giok sudah dikenal sejak lama, namun popularitas batu ini tidak pernah luntur, terlebih ditengah semakin tingginya penghobi batu akaik belakanhgan ini, sehingga membuat harga batu giok makin mahal.
Keindahan Giok dengan khas warna hijau banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Namun sebagian orang masih percaya bahwa batu yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di China itu dipercaya bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya. Baca: Khasiat Batu Giok

9. Batu Kecubung (Amethyst)
batu akik kecubung 
Batu kecubung termasuk salah satu dari sekian banyak batu akik yang juga tengah menjadi incaran banyak penghobi. Warna khas ungu yang terdapat pada batu ini membuat batu yang biasa disebut Amethyst di pasaran intenternasional itu terlihat mempesona.
Tak hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan Baca : Khasiat Batu Kecubung

10. Batu Lavender
batu lavender baturaja 
Dalam sebuah kontes nasional yang pernah diadakan beberapa waktu lalu, Jenis batu lavender spritus baturaja masuk dalam kategori batu terbaik dan berhasil memenangkan kontes, sehingga batu ini menjadi buruan banyak kolektor.
Harga batu lavender yang berhasil memenagkan kontes ditawar Rp. 175 juta namun sang pemilik belum melepasnya. Sejak saat itu batu yang banyak ditemukan di wilayah Simpang dan Segara Kembang Kecamatan Lengkiti Oku Sumatera selatan itu menjadi incaran banyak kolektor dan masuk dalam jajaran batu terpopuler baik di Indonesia maupun di pasaran internasional.
Selain batu yang telah disebutkan, sebenarnya masih banyak  jenis lain yang saat ini tengah populer di Indonesia termasuk batu giok aceh atau lebih dikenal dengan sebutan Batu Lumut Aceh, batu obi, labrador atau jenis lain.

Hadiah Istimewa Saat Valentine

Meskipun sebenarnya ungkapan kasih sayang tak harus menunggu hari valentine, namun banyak sekali pasangan menganggap bahwa hari valentine adalah hari yang lebih spesial dibanding hari-hari lainnya dalam satu tahun untuk lebih mempererat hubungan dan mengembalikan keromantisan yang terbina.
Untuk anda yang sedang mempersiapkan perayaan valentine dengan pasangan anda, berikut 9 hadiah valentine spesial yang mungkin bisa anda pertimbangkan

 

Hadiah Valentine

  1. Coklat
  2. Valentine adalah saatnya menikmati coklat, tentunya bukan coklat yang biasa, menjelang hari valentine biasanya anda akan menemukan coklat yang di desain begitu cantik dan menggiurkan, tunjukan rasa sayang anda yang manis kepada pasangan dengan memberinya coklat.

  3. Bunga
  4. Dipercaya sebagai tanda romantisme seorang pria, Jadi, jika anda ingin dianggap sebagai pria romantis, mengapa anda tidak membelikan pasangan anda sekuntum bunga?

  5. Perhiasan
  6. Hadiah yang satu ini pastinya akan disenangi oleh perempuan manapun, dengan memberikannya perhiasan, anda seakan-akan menunjukan bahwa semahal apapun harga hadiah yang anda berikan, tidak lebih berharga di banding pasangan anda.

  7. Makan malam romantis
  8. Candle light dinner bisa menjadi moment yang tak terlupakan, sangat tepat untuk dilakukan oleh pasangan yang belum menikah maupun telah berumah tangga.

  9. Pakaian dalam
  10. Percaya atau tidak, banyak wanita senang dibelikan pakaian dalam, dengan alasan lebih merasa diperhatikan, namun bagi pasangan yang belum menikah, sebaiknya anda pertimbangkan dulu sebelum memberikan hadiah yang satu ini.

  11. Foto
  12. Foto anda berdua yang telah di edit dengan indah dan dibungkus dengan pigura cantik bisa menjadi pilihan sebagai hadiah valentine.

  13. Jam tangan
  14. Berikan pasangan anda jam tangan dan katakan, ingatlah setiap kamu melihat jam tangan ini, bahwa setiap detik yang anda lalui bersamanya tidak pernah terlupakan

  15. Barang kesukaannya
  16. Apakah pasangan anda senang meng-koleksi sesuatu? jika ya, menambah koleksi pribadinya dengan hadiah valentine dari anda pastinya bisa membuat pasangan anda sangat bahagia

  17. Waktu dan perhatian
  18. Anda mungkin tidak bisa membelikan pasangan anda sebuah benda, namun paling tidak tunjukkan lah bahwa anda memiliki banyak waktu dan perhatian untuk menemaninya di hari valentine, menurut saya hal tersebut tidak kalah berharganya dari hadiah apapun.

Ayat Tentang Sistem Informasi

Di dalam mempelajari sesuatu seringkali kita kurang memperhatikan bahwa suatu karya pada hakikatnya merupakan realisasi dari kehendak penciptanya. Kurangnya perhatian terhadap hal yang demikian tadi membuat kita sulit untuk menentukan secara pasti mengenai motivasi dan tujuan dari dilakukannya suatu kegiatan.

Di dalam salah satu tulisan di media elektronik,  dan juga pernah terlontar dalam suatu forum diskusi yang informal, suatu pertanyaan yang mendasar tetapi obyektif dan kritis sehingga menarik untuk direnungkan, yaitu tentang proses penyusunan Al Qur’an.

Pertanyaannya adalah mengapa penyusunan ayat-ayat Al Qur’an itu terkesan tidak teratur atau acak-acakan, topik dari ayat-ayatnya terlihat meloncat-loncat, tidak seperti buku-buku pada umumnya yang pola penyusunannya sudah menggunakan kaidah-kaidah penulisan suatu karya tulis, sehingga alur penjelasannya menjadi runtut dan teratur.  Dengan cara penyusunan ayat yang topiknya meloncat-loncat, maka apabila surat dibaca secara runtut dari awal hingga akhir, hasilnya adalah kebingungan pada saat mau membuat kesimpulan dari apa yang telah dibaca tersebut.

Kejanggalan-kejanggalan sistim penulisan tersebut antara lain dapat disebutkan sebagai berikut,
Pertama, adanya hubungan yang tidak jelas antara topik suatu kelompok ayat dengan kelompok lainnya dalam suatu surat. Gejala semacam ini sangat dirasakan oleh mereka yang tidak mengerti tulisan maupun bahasa Arab. Dengan kondisi yang demikian tersebut, maka satu-satunya usaha pemahaman  yang memungkinkan untuk dilakukan hanyalah belajar melalui Tafsir Al Qur’an.

Kedua, hal yang serupa juga dapat dilihat pada hubungan judul surat dengan ayat-ayat yang ada di dalamnya. Padahal fungsi judul adalah menunjukkan tema dari topik atau pokok-pokok pikiran dari seluruh ayat yang ada. Dengan demikian, seharusnya antara judul surat dengan ayat-ayat yang ada di dalamnya terdapat hubungan  makna yang erat sekali. Namun kenyataan yang ada tidak demikian. Bahkan terdapat 4 surat yang judulnya tidak dapat dialih bahasakan. Kondisi yang demikian ini disertai dengan tidak adanya penjelasan yang logis, dapat berakibat pada menurunnya  rasa ingi tahu.

Ketiga, meskipun ayat-ayat maupun susunan ayat-ayatnya tidak berubah, tetapi judul surat bahkan judul Al Qur’annya sendiri  lebih dari satu. Berbeda halnya dengan karya manusia, dengan materi tulisan yang sama buku ilmu pengetahuan hanya mampu menjelaskan satu tema pokok yang tertentu, tidak bisa lebih.

Keempat, yang perlu direnungkan, meskipun fakta-faktanya menunjukkan adanya ketidak teraturan, namun manusia tidak di benarkan untuk merubah posisi surat maupun posisi ayat di dalam suatu surat. Sebab dalam salah satu ayatnya disebutkan bahwa metoda penyusunan yang demikian itu merupakan cara Tuhan di dalam menjelaskan kandungan keilmuan Al Qur’an, oleh karena itu bersifat otoritatif.

Sesungguhnya telah Kami datangkan sebuah Kitab kepada mereka. Kami jelaskan atas dasar-dasar ilmu pengetahuan dari Kami sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.
(QS. 7 Al A’raaf: 52).

Catatan: lihat juga QS. An Nisa’: 166; QS. 17 Al Israa’: 36 dan QS. 8 Al Anfaal: 22.

Dari ayat tersebut di atas, dengan jelas dinyatakan bahwa metoda yang dipakai di dalam penyusunan Al Qur’an sudah menggunakan dasar-dasar atau kaidah-kaidah ilmu pengetahuan, jadi bukan sekedar hanya merupakan kumpulan informasi yang bersifat historis- normatif. Dengan disebutkannya ilmu pengetahuan dari Kami menunjukkan bahwa, obyek kajian Al Qur’an bukan hanya sebatas ilmu pengetahuan yang sudah dimiliki oleh manusia sekarang, tetapi bahkan sampai akhir jaman kandungan keilmuannya tak akan pernah selesai dikaji.
Seandainya semua pohon-pohonan di bumi dijadikan pena dan lautan menjadi tintanya, sesudah kering ditambah lagi dengan tujuh lautan, semuanya akan kering, namun tak akan habis-habisnya Kalam Allah dituliskan. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.
(QS. Luqman: 27)

Catatan: lihat juga QS.18 Al Kahfi: 109.
Obyek kajian Al Qur’an meliputi seluruh ciptaan Tuhan, baik yang bersifat fisikal maupun yang nonfisikal (gaib). Dari seluruh mahluk ciptaan Tuhan yang ada, dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar, yaitu alam dan manusia.

Dan bagi orang-orang yang yakin, di muka bumi terdapat ”tanda-tanda kekuasaan Tuhan”. Dan pada dirimu sendiri ”tanda-tanda kekuasaan Tuhan” itu tidakkah kamu perhatikan?
(QS. Adz Dzaariyaat: 20; 21).

Seluruh ciptaan Tuhan pada hakikatnya adalah ayat yang sering sekali disebut sebagai tanda-tanda kekuasaan Tuhan atau sunatullah yang secara faktual kita sebut sebagai seluruh fenomena alam semesta. Antara alam dan manusia terdapat persamaan dan perbedaan yang mendasar. Persamaannya, kedua-duanya terdiri atas  unsur-unsur yang bersifat fisikal maupun yang nonfisikal. Sedangkan perbedaannya, pola kehidupan alam sudah given atau sudah pasti sehingga alam tidak mampu menjadikan dirinya sendiri seperti apa yang dikehendakinya.

Atau dengan kata lain dapat disebutkan bahwa kepatuhan alam terhadap perintah Tuhan bersifat total. Berbeda halnya dengan manusia yang oleh Penciptanya dikarunia akal budi dan kehendak bebas (freewill). Dengan adanya  kehendak bebas tersebut maka setiap manusia mempunyai kehendak, keinginan atau nafsu serta kemampuan merealisasikan kehendak tersebut, misalnya membuat dirinya sendiri menjadi seperti apa yang diinginkannya.
Dengan adanya pengertian ayat sebagai fakta, maka fakta-fakta yang bersifat fisikal keberadaannya dapat ditangkap oleh pancaindera, tidak demikian halnya dengan fakta-fakta yang gaib, misalnya malaikat, jin dan ruh. Berbeda dengan kegaiban mahluknya, kegaiban Tuhan bersifat absolut karena hanya sebagian kecil dari pengetahuan tentang diri-Nya yang diberikan kepada manusia. Dengan demikian manusia tidak mungkin akan mampu memahami totalitas dari Dzat Tuhan.

Karena fakta menurut pengertian Al Qur’an meliputi yang fisikal maupun yang gaib, maka rasionalitas Al Qur’an bukanlah rasionalitas yang bersifat materialistis seperti ilmu pengetahuan Barat, Keberadaan kegaiban merupakan suatu fakta oleh karena yang gaib juga bersifat rasional. Yang seringkali terjadi, sesuatu itu dikatakan gaib apabila penjelasan rasionalnya belum ada, tetapi apabila fenomena tersebut sudah mampu dijelaskan secara rasional maka dia sudah tidak dianggap bersifat gaib lagi.

Dari waktu ke waktu, cara berfikir manusia senantiasa mengalami perkembangan, semakin lama semakin kritis, realistis, sistimatis dan logis. Kondisi perkembangan manusia yang demikian tersebut merupakan indikator tentang perkembangan kebutuhan manusia terhadap ilmu pengetahuan.  Sampai dengan saat sekarang ini, konstruksi pemahaman agama sebagai suatu ilmu pengetahuan, kebanyakan masih terbatas kepada hal-hal yang bersifat historis-normatif seperti misalnya sorga- neraka, dosa-pahala, kisah para nabi maupun orang-orang yang hidup pada masa lalu lengkap dengan segala  ancaman-ancaman (?) Tuhan. Ini bukan masalah benar atau salah, tetapi mengingat perkembangan manusia yang demikian tadi, apakah model pemahaman yang demikian tadi masih relefan sehingga tetap harus dipertahankan kelangsungannya.

Berdasarkan atas perkembangan pemikiran manusia tersebut,  maka yang lebih diperlukan adalah digalakannya Kajian Islam. Salah satu caranya adalah melakukan pemikiran-pemikiran atau usaha untuk mentransendensikan Al Qur’an supaya pemahamannya tidak hanya terfokus kepada Kajian Keislaman, yaitu pemikiran ataupun warisan-warisan masa lalu yang kebanyakan masih bersifat historis-normatif, sehingga  menyebabkan tersekat-sekatnya pemahaman oleh ajaran-ajaran, doktrin-doktrin yang dogmatis maupun intepretasi yang bersifat ekstra subyektif. Sebab pemikiran-pemikiran yang demikian tadi cenderung mengakibatkan tersendatnya dialog apabila berbicara dengan orang yang belum/tidak pernah mengalaminya.

Berdasarkan atas QS. Al A’raaf: 52 seperti yang sudah disebutkan di atas, Al Qur’an sudah seharusnya diposisikan sebagai sumber informasi, sumber data-data serta sebagai ilmu pengetahuan tentang kehidupan alam semesta dengan segala kehidupan yang ada di dalamnya. Dengan demikian kita menjadikan Al Qur’an bukan semata-mata sebagai postulat teologis tetapi sekaligus juga memposisikannya sebagai sumber teori. Elaborasi yang dilakukan terhadap konstruk-konstruk teoritis Al Qur’an yang demikian tadi pada akhirnya akan menghasilkan perumusan-perumusan teoritis yang dapat dipakai untuk membangun perspektif Al Qur’an di dalam memahami realita kehidupan.

Apabila kita melihat sistim pengetahuan Islam yang murni (Al Qur’an), sesungguhnya Islam mengajarkan cara berfikir yang rasionalistis-empirisdan kontekstual. Namun dalam perkembangannya seringkali didominasi oleh pemahaman-pemahaman yang magis dan mistis, sehingga akhirnya fungsi Al Qur’an tak ubahnya sebagai gudang mantra. Padahal pada sisi lainnya, Al Qur’an berkali-kali menekankan arti penting dari penggunaan akal pikiran dalam mencari pengetahuan melalui kegiatan observasi.

Penggunaan akal pikiran atau sikap rasionalistis membutuhkan kerangka pemikiran yang disiplin, kritis, sistimatis dan logis dengan logika deduktif sebagai sendi pengikatnya. Pada sisi lainnya terdapat dunia empiris yang obyektif, yang berorientasi pada fakta sebagaimana adanya. Kesimpulan umum yang dapat ditarik dari dunia  empirik secara induktif merupakan tonggak penguji terhadap suatu teori tentang kebenaran. Sebab kebenaran suatu keilmuan bukan sekedar merupakan kesimpulan rasional yang koheren dengan sistim kebenaran ilmu pengetahuan yang telah ada, tetapi juga harus sesuai dengan kenyataan yang ada. Hal yang demikian ini tak ubahnya dengan kebenaran sejati  Al Qur’an dimana kebenaran teoritisnya (ayat kauliah) sekaligus merupakan kebenaran empiris (ayat kauniah). Kebenaran sejati inilah yang juga menjadi tujuan ilmu pengetahuan, sebab tujuan ilmu pengetahuan adalah untuk menjelaskan sesuatu sebagaimana adanya.

Untuk mencapai kebenaran sejati tersebut, maka di dalam dunia ilmu pengetahuan dikenal adanya Metoda Keilmuan yang pada dasarnya merupakan penggabungan antara rasionalisme dengan empirisme.  Dengan adanya Metoda Keilmuan, maka antara gagasan atau buah pikiran dengan ilmu pengetahuan menjadi dapat dibedakan. Dengan demikian hakekat keilmuan ditentukan oleh dilakukannya cara berfikir yang sesuai dengan persyaratan-persyaratan suatu keilmuan. Hal ini diungkapkan agar kita menjadi sadar sehingga tidak menempatkan ilmu pengetahuan pada struktur feodalisme terselubung yang akhirnya hanya akan menghasilkan fanatisme terhadap faham individu ataupun kelompok.

Proses yang sama sebenarnya juga terjadi pada penyusunan Al Qur’an, sebab proses turunnya setiap wahyu juga berdasarkan atas fakta-fakta kehidupan yang faktual pada masanya. Oleh sebab itu dikenal adanya 2 macam ayat, yaitu ayat kauniah atau fakta-fakta yang ada di realitas yang merupakan penyebab dari turunnya wahyu, sedangkan yang satunya lagi adalah ayat kauliah yang merupakan wahyu yang kemudian ditulis sehingga bentuknya menjadi tulisan atau. Kajian terhadap ayat kauniah akan menghasilkan kebenaran empiris, sedangkan kajian terhadap ayat kauliah akan menghasilkan kebenaran rasional yang subyektif. Untuk mencapai kebenaran yang hakiki atau kebenaran sejati, maka untuk mengetahui salah atau benarnya, maka kebenaran rasional yang subyektif tersebut terlebih dahulu harus diuji dengan kebenaran empiris yang ada di realitas.

Dari QS. Al A’raaf: 52, seperti yang telah disebutkan di atas,  kalimat yang menyatakan Kami jelaskan atas dasar-dasar ilmu pengetahuan dari Kami sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, dapat diintepretasikan bahwa cara penyusunan Al Qur’an sudah sesuai dengan dasar-dasar penyusunan karya imiah masa kini. Pola penyusunannya tersebut merupakan petunjuk untuk menggali keilmuan atau rahmat yang berguna di dalam kehidupan kita sehari-hari. Sedangkan kata-kata ilmu pengetahuan dari Kami mengisyaratkan adanya perbedaan yang menyangkut masalah kelengkapan antara ilmu pengetahuan agama dengan ilmu pengetahuan masa kini yang dikembangkan oleh orang-orang Barat. Menurut Einstein, ilmu pengetahuan itu berawal dari fakta dan berakhir dengan fakta, apapun teori yang disusun di antaranya. Dengan demikian obyek yang menjadi kajian ilmu pengetahuan adalah fakta-fakta. Mengenai fakta yang dijadikan obyek kajian, ilmu pengetahuan barat membatasinya sebatas materi yang bersifat fisikal, sedangkan hal-hal atau materi yang bersifat gaib tidak dimasukkan sebagai obyek kajian, dengan alasan sulit melakukan ferifikasi terhadap validitas dan kebenarannya. Lain halnya dengan kajian ilmu agama, materi yang bersifat gaib tetap di anggap sebagai fakta sebab rujukannya adalah Kitab Suci, oleh karena itu obyek kajiannya sebenarnya lebih lengkap.

Pernyataan bahwa penjelasan atau penyusunan Al Qur’an telah menggunakan dasar-dasar pengetahuan atau metode keilmuan, merupakan penjelasan secara tidak langsung bahwa susunan surat-surat maupun ayat-ayat di dalam surat, sudah menggunakan sistimatika dan metode keilmuan. Sistim berasal dari bahasa Yunani, yaitu systema yang berarti keseluruhan yang bulat dan utuh. Dengan demikian kata sistim pada dasarnya dapat dijelaskan sebagai suatu kegiatan atau proses yang bersifat integratif dan transformatif dari seluruh komponen-komponen yang ada di dalamnya. Dikatakan integratif karena proses tersebut bersifat menyeluruh karena melibatkan seluruh komponen yang ada yang fungsinya berbeda-beda satu sama lain. Disebut transformatif karena dari proses yang melibatkan seluruh komponen-komponen yang tersebut kemudian menghasilkan sesuatu yang baru. Dengan demikian, suatu sistim mempunyai pengertian yang jauh berbeda dengan kumpulan, sebab kumpulan tidak menghasilkan sesuatu yang baru. Artinya adalah bahwa Al Qur’an bukan sekedar merupakan kumpulan surat-surat dan ayat-ayat, yang kemudian dikumpulkan menjadi satu. Tetapi lebih daripada itu, semua komponen-komponennya tersebut satu sama lainnya saling berinteraksi atau berhubungan sehingga mejadi satu kesatuan informasi yang utuh.

Tidak ada bedanya dengan sistem-sistem lain pada umumnya, Al Qur’an sebagai suatu sistim informasi juga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut,
Pertama, setiap sistim selalu mempunyaitujuan. Ciri utama dari suatu sistim adalah selalu berorientasi kepada tujuan, sehingga setiap proses yang terjadi di dalamnya juga selalu mempunyai tujuan. Sedangkan apa yang dikatakan sebagai tujuan pada dasarnya merupakan realisasi dari keinginan atau kehendak yang terukur dan oleh karena itu dapat dijelaskan dan dipahami. Tujuan sistimasasi Al Qur’an adalah supaya manusia dapat mengetahui apa kehendak Tuhan terhadap dirinya dalam posisinya sebagai salah satu komponen alam semesta.
Allah menciptakan Alam Semesta ini dengan tujuan yang nyata, justru itu setiap orang akan menerima ganjaran menurut usahanya, sedang mereka tidak teraniaya.

(QS. Al Jatsiyah: 22)
Catatan: lihat juga QS. 46 Al Ahqaaf: 3 ; QS.48 At Taghabun: 3.
Untuk merealisasikan tujuan-Nya tersebut, Tuhan telah merencanakan posisi dan fungsi setiap manusia di dalam tatanan alam semesta, yaitu sebagai Khalifah yang mempunyai hak dan kewajiban untuk mengelola dan melestarikan alam yang berfungsi sebagai penunjang kehidupannya.
Ingatlah, ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat: ”Sesungguhnya Aku Akan mengangkat Adam menjadi khalifah di muka bumi. Para malaikat bertanya: ”Mengapa Engkau hendak menempatkan di permukaan bumi orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah, sedang kami senantiasa bertasbih memuji dan menyucikan-Mu?” Allah kemudian berfirman: ”Sesungguhnya Aku mengetahui apa-apa yang tidak kamu ketahui”.
(QS. Al Baqarah: 29)

Merupakan suatu keniscayaan, seorang pemimpin mampu melaksanakan fungsi kepemimpinannya dengan baik dan benar tanpa memiliki ilmu pengetahuan. Dengan demikian, tujuan sistimasasi Al Qur’an adalah menjadikannya sebagai sistim pengetahuan yang dapat membantu setiap manusia di dalam merealisasikan fungsi kekhalifahannya secara tepat.

Kedua, sistim itu mempunyaibatas. Manusia adalah salah satu subsistim dari sistim besar yaitu sistim kosmik. Disebabkan oleh keadaan dirinya yang demikian tadi, yaitu sebagai salah satu komponen dari sistim kosmik yang merupakan sistim besarnya, maka sistim karya manusia mempunyai jarak (batas) dengan lingkungannya yang merupakan sistim besarnya. Al Qur’an sebagai Kitab Besar (alam semesta) adalah sebuah sistim besar yang merupakan salah satu bagian dari sistimyang jauh lebih besar lagi, yaitu Tuhan. Oleh sebab itu Tuhan itu ada di dalam diri setiap ciptaan-Nya, tetapi sekaligus juga mencakup, meliputi dan mengatasi keseluruhan ciptaan-Nya tersebut, seperti yang disebutkan oleh ayat berikut ini.

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya. Dan Kami lebih dekat kepadanya dari urat nadinya.
(QS. Qaaf: 16).

Sebagai suatu sistim pengetahuan yang obyek kajiannya meliputi seluruh ciptaan Tuhan, dengan sendirinya Al Qur’an sebagai subsistim dari Pencipta-nya yang merupakan sistim besarnya, maka Al Qur’an tidak mampu menjelaskan tentang diri Tuhan sebagai Sistim Yang Maha Besar tersebut. Sebab suatu karya pada dasarnya merupakan gambaran yang tidak sempurna dari penciptanya, oleh sebab itu suatu karya tidak dapat menjelaskan secara menyeluruh tentang diri penciptanya. Demikian juga halnya dengan Al Qur’an, sebagai suatu sistim pengetahuan maka  batasnya adalah lingkungan besar yang meliputi dirinya dan oleh karena itu tidak dapat dijelaskannya, yaitu Tuhan Yang Maha Pencipta.

Ketiga, setiap sistim pada dasarnyabersifatterbuka, dia bersifat responsif terhadap adanya stimulasi yang disebabkan karena adanya interaksi dengan lingkungan. Karena berasal dari penjelasan Tuhan, maka ayat-ayat kauliah maupun susunannya bersifat konstan, tidak berubah-ubah atau dengan kata lain sudah dibakukan. Pada pihak lain, ayat-ayat kauiniah bersifat dinamis, berubah-ubah terus sesuai dengan kebutuhan hidup manusianya, namun selalu cenderung kembali ke kodratnya dia yang secara total tunduk dan patuh terhadap hukum alam (sunatullah). Adanya kondisi yang demikian ini, maka kajian terhadap Al Qur’an seharusnya juga bersifat dinamis sehingga tetap bersifat responsible terhadap realitas yang dinamis tersebut. Sehubungan dengan hal tersebut, Tuhan sendiri melalui beberapa ayatnya menganjurkan bahwa hendaknya manusia  tidak bersikap menutup diri terhadap dinamika yang terjadi di realitas. Anjuran yang demikian tadi lain ditunjukkan oleh ayat berikut ini,
Dan bila dikatakan kepada mereka:” Ikutilah peraturan-peraturan yang telah diturunkan Allah!” Mereka menjawab: Tidak! Kami hanya mau mengikuti apa-apa kebiasaan yang telah kami dapati dari nenek moyang kami. ”Apakah akan diikuti juga walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui suatu apapun juga, dan tidak pula mendapat petunjuk Tuhan?”
(QS. Al Baqarah: 170)

Catatan: anjuran yang demikian juga dapat dilihat pada QS. Al Baqarah: 171; QS. Al Ma’idah: 104 serta QS. Luqman: 21.

Keempat, terdiri atas beberapasubsistim dan setiap subsistim terdiri atas subsistim yang lebih kecil lagi. Contohnya sebagai berikut, apabila Al Qur’an adalah sistim utamanya, maka surat merupakan  subsistimnya dengan ayat-ayat sebagai komponen  penyusunnya. Padahal ayat atau kalimat merupakan sistim dari sejumlah kata-kata dan kata merupakan sistim dari huruf-huruf. Dengan demikian ayat merupakan subsistim yang lebih kecil lagi dengan komponen penyusunnya adalah kata, sedangkan kata juga merupakan subsistim dengan huruf sebagai komponen penyusunnya.

Kelima, terdiri atas komponen yang berbeda-beda. Al Qur’an terdiri atas 10 subsistim yang satu sama lain berbeda. Komponen-komponen atau subsistim tersebut secara faktual dapat disebutkan sebagai berikut, Al Juz, Surat, Ayat, Kata, Huruf, Angka, Halaman, Baris, Tanda Ruku’ dan  Tanda Baca. Dari 114 surat yang ada, setiap surat, mempunyai judul dan posisinya masing-masing.  Posisi surat ditunjukkan oleh Nomor Surat, sedangkan Judul Surat menjelaskan tentang fungsinya. Dengan demikian tidak ada satupun surat yang mempunyai fungsi yang sama, sebab posisi maupun judulnya  selalu berbeda dengan surat lainnya. Lain halnya dengan ayat yang secara tekstual sama dan jumlahnya cukup banyak.

Posisi ayat-ayat yang sama tersebut ada yang tersebar pada beberapa surat yang berbeda, tetapi juga ada yang secara bersamaan berada dalam satu surat. Yang posisinya berada pada surat yang berbeda sudah jelas mempunyai fungsi yang berbeda pula, yaitu sesuai dengan judul surat dimana ayat-ayat tersebut berada. Sedangkan yang berada dalam surat yang sama, perbedaan fungsi tersebut ditunjukkan oleh posisi masing-masing ayat di dalam surat yang bersangkutan. Sebab di dalam suatu sistim/struktur, perbedaan posisi menjelaskan adanya perbedaan fungsi.
Keenam, setiap komponennya saling berhubungan dan saling melengkapi. Suatu sistim merupakan organisasi dari seluruh komponen yang ada di dalamnya. Terdapatnya sifat saling berhubungan yang ada pada setiap komponennya menunjukkan adanya interaksi internal, sedangkan hubungan yang bersifat saling melengkapi menunjukkan adanya sifat interdependensi atau saling ketergantungan antara suatu komponen terhadap komponen-komponen lainnya. Dengan terjadinya hubungan yang demikian maka output yang dihasilkan suatu komponen dapat menjadi input bagi komponen lainnya. Selain itu, sifat hubungan yang demikian itu sekaligus menjelaskan bahwa di dalam suatu sistim tidak ada fenomena kejadian tunggal, semua kejadian bersifat kausalitas atau sebab akibat.
Sebagai contoh, fungsi surat Al Fathihah di dalam Al Qur’an ditunjukkan oleh judulnya, yang artinya Pembukaan.  Di dalam buku, Pembukaan atau Kata Pembukaan sering disebut sebagai Kata Pendahuluan. Di dalam Hadis Qudsi dijelaskan bahwa Al Fathihah itu terdiri dari 7 ayat, 3 ayat yang pertama (ayat ke 1 Alhamdu lillaahi rabbil ’aalamin, ayat ke 2 Ar rahmaanir-rahiim dan ayat ke 3 Maaliki yaumid-diin) karena merupakan puji-pujian maka dikatakan untuk Tuhan atau hablum min Allah (bener nggak tulisane?), sedangkan 3 ayat terakhir (ayat ke 5 Ihdinash shiraathal mustaqiim, ayat ke 6 Shraathal-ladziina an’amta ’alaihim dan ayat ke 7 Ghairil maghdhuubi ’alaihim waladh dhaal-liin) karena berisi permohonan maka dikatakan untuk manusia atau hablum minannas. Sedangkan yang ditengah-tengah, yaitu ayat ke 4 (Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin), merupakan gabungan dari ke duanya (hablum min Allah dan hablum minannas). Hubungan dengan Tuhan berkaitan dengan masalah keimanan dan hubungan antar manusia berkaitan dengan masalah keamalan. Ayat ke 4 menunjukkan bahwa amal dan iman tak ubahnya seperti mata uang dengan dua sisinya, bisa dibedakan tapi tidak bisa dipisahkan, karena keduanya merupakan satu kesatuan yang utuh, karena amal pada dasarnya merupakan  implementasi dari iman.

Fungsi Kata Pendahuluan di dalam sebuah buku adalah untuk menjelaskan pokok-pokok atau garis besar dari seluruh isi buku. Apabila isi dari Kata Pendahuluannya saling berhubungan dan saling melengkapi, maka hal yang sama juga terjadi pada isi kitabnya. Padahal isi kitab adalah ilmu pengetahuan, dan dari ilmu pengetahuan tersebut terbentuklah keimanan seseorang.

Dengan kata lain, di dalam setiap kegiatan hidup yang kita lakukan seharusnya antara ilmu pengetahuan, keimanan dan amal merupakan satu kesatuan yang utuh. konsisten dengan keimanan kita, dengan demikian maka kehidupan kita sehari-hari merupakan realita dari ibadah kita. Namun hal yang demikian tersebut, secara jelas dan gamblang tidak akan didapatkan kalau kita mempelajarinya (Al Qur’an) secara sepotong-sepotong, tetapi harus secara menyeluruh atau holistik dengan mengikut sertakan seluruh komponen yang ada di dalamnya.
 

Pengertian, Tujuan dan Fungsi Konstitusi

Konstitusi

(Pengertian Konstitusi) Istilah konstitusi telah sejak zaman Yunani Purba walaupun dalam artian materiil, sebab saat itu belum ada konstitusi dalam bentuk tertulis. Hal ini jelas terlihat pada paham Aristoteles yang membedakan antara istilah politiea dan Nomoi. Politiea dapat diartikan sebagai konstitusi sedangkan nomoi diartikan sebagai undang undang. Politiea mengandung kekuasaan tertinggi dari pada nomoi. Setelah itu, Romawi juga memiliki konstitusi yang kita kenal sebagai Lex Regia yang berisikan perjanjian perpindahan kekuasaan rakyat ke Caesar yang berkuasa mutlak. Dalam abad menengah dikenal pula sejenis konstitusi yang disebut Leges Fundamentalis yang mengandung hak dan kewajiban rakyat atau rex dan raja atau regnum.
Pengertian Konstitusi Serta Tujuan dan Fungsi Konstitusi
Mahkamah Konstitusi
(Pengertian Konstitusi) Konstitusi atau Constitution atau Verfassung berbeda dengan undang-undang dasar atau Grundgesetz. Bila kita memperhatikan adanya Lex Regia atau Leges Fundamentalis akan terlihat bahwa dalam perkembangan sejarah, perjanjian-perjanjian antara yang diperintah dan pemerintah mulai dibuatkan naskah. Tujuan menaskahkan adalah untuk mempermudah pihak-pihak mematuhi hak dan kewajibannya.
Analisis teori konstitusi dapat kita tinjau dari sisi hukum (yuridis) dan tertulis atau grundgesetzatau grondswet.
(Pengertian Konstitusi) Constitutional Recht atau konstitusi yang ditinjau dari sisi hukum memperhatikan penekanan pada faktor faktor kekuasaan nyata dalam masyarakat sedangkan Grondswet hanya memperhatikan konstitusi dalam arti sempit yaitu tertulis atau Undang Undang Dasar saja. Dapat diambil kesimpulan bahwa konstitusi memiliki cakupan yang lebih luas dari Grondswet. 
Herman Heller, seorang ahli hukum dari Jerman, membuat sebuah paham tentang konstitusi yaitu:
a. Konstitusi mencerminkan kehidupan politik di dalam masyarkat sebagai suatu kenyataan dan belum konstitusi dalam arti hukum
b. Kemudian kehidupan politik dalam masyarakat itu di cari unsur unsur hukumnya melalui abstraksi barulah menjadi kesatuan kaidah hukum (ein Rechtsver-fassung).
c. Setelah itu ditulis kaidah hukum itu dalam suatu naskah yang disebut Undang Undang Dasar )
(Moh. Kusnardi dan Harmaili Ibrahim 1976 : 65).
Terdapat beberapa istilah konstitusi yaitu:
a. Konstitusi dalam arti materil adalah perhatian terhadap isinya, yang terdiri atas poko yang sangat penting dari struktur dan organisasi negara.
b. Konstitusi dalam arti formil adalah perhatian terhadap prosedur, pembentukannya harus istimewa dibandingkan dengan pembentukan undang undang lain.
c. Konstitusi dalam arti tertulis maksudnya konstitusi itu dinaskahkan tertentu guna memudahkan pihak pihak mengetahuinya
d. Konstitusi dalam arti merupakan undang undang tertinggi adalah baik pembentukan dan perubahan melalui prosedur istimewa dan juga ia merupakan dasar tertinggi dari perundang-undangan lainnya yang berlaku dalam negara itu.
Berikut beberapa pengertian konstitusi menurut para ahli dari berbagai negara
1. Pengertian konstitusi menurut Leon Duguit (meninjau dari sosiologi hukum) bahwa konstitusi bukanlah sekedar undang undang dasar yang memuat sejumlah/kumpulan norma-norma semata-mata, akan tetapi struktur negara yang nyata/real terdapat dalam kenyataan masyarakat. Singkat kata, konstitusi adalah faktor faktor kekuatan yang nyata (de riele mahtsfactoren) yang terdapat dalam masyarakat yang bersangkutan.
2. Pengertian konstitusi menurut Maurice Haurio,ahli hukum politik, (meninjau dari kelembagaan/institusi), bahwa konstitusi merupakan perwujudan dari institusi, oleh karena itu ajaran Haurio disebut institusionalisme. Menurut Hario, konstitusi merupakan suatu institusi yang merupakan penjelmaan ide-ide yang ada dalam masyarakat yang berbentuk sebagai hukum yang hidup dalam masyarakat. Penjelmaan konstitusi ini baik didasari oleh kenyataan masyarakat, yang sebagiannya merupakan unsur unsur normatif dan sebagian lagi ada pada pembuat undang undang yang selanjutnya akan menjadi lembaga hukum.
Hario juga mengatakan bahwa tujuan dari konstitusi adalah untuk menjaga keseimbangan antara:
a. Ketertiban (de orde), atau ketertiban masyarakat
b. Kekuasaan (het gezag), yang mempertahakan orde/masyarakat
c. kebebasan (de vrijheid) yaitu kebebasan pribadi dan kebebasan manusia.
3. Pengertian Konstitusi menurut paham Ferdinand Lassale. Dalam buku Lassale, Uber Verfassungwesen, pengertian konstitusi dibagi menjadi dua yaitu pengertian konstitusi berdasarkan sosiologis dan pengertian konstitusi berdasarkan pengertian yuridis.
a. Pengertian konstitusi berdasarkan sosiologis atau politis adalah sintesis faktor faktor kekuatan yang nyata (dereele machtsfactoren) dalam masyarakat. Sehingga konstitusi menggambarkan hubungan antara kekuasaan kekuasaan yang terdapat dengan nyata dalam suatu negara. Kekuasaan kekuasaan tersebut diantaranya: Raja, Parlemen, kabinet, pressure grup, partai politik dan lainnya. Hal inilah yang merupakan konstitusi yang sesungguhnya.
b. Pengertian konstitusi berdasarkan pengertian yuridis bahwa konstitusi adalah suatu naskah yang memuat semua bangunan negara dan sendi sendi pemerintahan. Nyatalah bahwa Lassale dipengaruhi oleh paham kodifikasi yang menyamakan konstitusi dengan undang undang dasar.
Selain itu paham Lassale, berdasarkan pengertian konstitusi berdasarkan yuridis, sesuai dengan paham modern bahwa bentuk konstitusi haruslah dalam naskah tertulis.
4. Pengertian Konstitusi menurut paham Antonius Alexis Hendricus (A.A.H.) Struycken, ahli hukum, dalam bukunya Het Staatsrecht van het koninkrijk de Nederlander. Menurut Struycken, konstitusi adalah undang undang yang memuat garis-garis besar dan asas-asas tentang organisasi daripada negara.
5. Pengertian konstitusi menurut paham Hermann Heller, ahli hukum, berdasarkan bukunya Staatslehre. Herman Heller membagi pengertian konstitusi menjadi tiga yaitu:
a. Pengertian konstitusi secara politis atau sosiologis adalah mencerminkan kehidupan politk di dalam masyarakat sebagai suatu kenyataan.
b. Pengertian konstitusi berdasarkan pengertian yuridis bahwa konstitusi adalah suatu kesatuan kaidah hukum yang hidup dalam masyarakat.
c. Konstitusi yang ditulis dalam suatu naskah sebagai undang undang dasar yang tertinggi, yang berlaku dalam suatu negara.
6. Pengertian Konstitusi menurut paham Carl Schmitt dalam bukunya Verfassungslehre
Carl Schmitt membagi konstitusi dalam 4 pengertian karena pengertian pokok pertama lagi dalam 4 sub pengertian, dan pengertian pokok kedua mempunyai 2 sub pengertian, maka jumlah seluruhnya menjadi 8 pengertian.
Pengertian Pokok Pertama
Konstitusi dalam arti absolut mengandung arti bahwa konstitusi disamping memuat tentang bentuk negara, faktor integrasi dan norma norma dasar/struktur pemerintahan, juga mencakup semua hal yang pokok yang terdapat pada setiap negara pada umumnya.
Kemudian pengertian pokok pertama terbagi menjadi 4 subpengertian yaitu
  • Konstitusi menggambarkan hubungan antara faktor faktor kekuatan yang nyata dalam suatu negara yakni hubungan antara raja, parlemen, kabinet, partai, politik, kelompok penekan, dan lain lain, serta mencakup semua bangunan hukum dan semua organisasi yang ada dalam negara. Jadi sama dengan pengertian konstitusi menurut paham Lassalle.
  • Konstitusi memuat forma formarum, yakni bentuk yang menentukan bentuk bentuk lainnya. Sesungguhnya sudah ada sejak ahli-ahli negara Yunani telah menganggap bahwa bentuk negara adalah hal yang sangat penting bagi hal ihwal kenegaraan.
  • Konstitusi sebagai faktor integrasi 
  • Konstitusi merupakan norm der normen yakni norma dasar yang menjadi sumber bagi norma norma lainnya yang berlaku.
Untuk pengertian konstitusi menurut Carl Schmitt dapat anda baca di buku Ilmu Negara oleh Prof. H. Abu Daud Busroh, S.H.
7. Pengertian konstitusi menurut CF. Strong, bahwa konstitusi adalah sebuah naskah ataupun sekumpulan peraturan peraturan yang terpisah yang mengandung otoritas sebagai hukum tata negara. Kemudian CF. Strong juga membagi dua konstitusi menjadi konstitusi dokumenter (documentary constitution, dan konstitusi nondokumenter (non-documentary constitution).
8. Pengertian Konstitusi menurut K. C. Wheare, bahwa konstitusi adalah keseluruhan sistem ketatanegaraaan suatu negara yang berupa kumpulan peraturan yang membentuk mengatur atau memerintah dalam pemerintahan suatu negara.
9. Pengertian konstitusi menurut Koernimanto Soetopawiro, kata konstitusi berasal dari bahasa latin cisme yang berarti bersama dengan dan statute yang berarti membuat sesuatu agar berdiri. Jadi konstitusi berarti menetapkan secara bersama.
Pengertian Konstitusi Serta Tujuan dan Fungsi Konstitusi 1
Hukum dan Konstitusi
Setelah membahas tentang pengertian konstitusi, mari kita beranjak ke tujuan konstitusi dibawah ini (Wikipedia).

Tujuan konstitusi yaitu:
  • Membatasi kekuasaan penguasa agar tidak bertindak sewenang – wenang maksudnya tanpa membatasi kekuasaan penguasa, konstitusi tidak akan berjalan dengan baik dan bisa saja kekuasaan penguasa akan merajalela Dan bisa merugikan rakyat banyak.
  • Melindungi HAM maksudnya setiap penguasa berhak menghormati HAM orang lain dan hak memperoleh perlindungan hukum dalam hal melaksanakan haknya.
  • Pedoman penyelenggaraan negara maksudnya tanpa adanya pedoman konstitusi negara kita tidak akan berdiri dengan kokoh.
Nilai konstitusi yaitu:
  • Nilai normatif adalah suatu konstitusi yang resmi diterima oleh suatu bangsa dan bagi mereka konstitusi itu tidak hanya berlaku dalam arti hukum (legal), tetapi juga nyata berlaku dalam masyarakat dalam arti berlaku efektif dan dilaksanakan secara murni dan konsekuen.
  • Nilai nominal adalah suatu konstitusi yang menurut hukum berlaku, tetapi tidak sempurna. Ketidaksempurnaan itu disebabkan pasal – pasal tertentu tidak berlaku / tidsak seluruh pasal – pasal yang terdapat dalam UUD itu berlaku bagi seluruh wilayah negara.
  • Nilai semantik adalah suatu konstitusi yang berlaku hanya untuk kepentingan penguasa saja. Dalam memobilisasi kekuasaan, penguasa menggunakan konstitusi sebagai alat untuk melaksanakan kekuasaan politik.
Menurut Sri Sumantri konstitusi berisi 3 hal pokok yaitu
  • Jaminan terhadap HAM dan warga negara.
  • Susunan ketatanegaraan yang bersifat fundamental.
  • Pembagian dan pembatasan tugas ketatanegaraan.
Menurut Miriam Budiarjo, konstitusi memuat tentang
  • Organisasi negara.
  • Hak Asasi Manusia.
  • Prosedur penyelesaian masalah pelanggaran hukum.
  • Cara perubahan konstitusi.
Menurut Koerniatmanto Soetopawiro, konstitusi berisi tentang
  • Pernyataan ideologis.
  • Pembagian kekuasaan negara.
  • Jaminan Hak Asasi Manusia
  • Perubahan konstitusi.
  • Larangan perubahan konstitusi.
Sumber:
  • Ilmu Negara oleh Prof. H. Daud Busroh, S.H. diterbitkan di Jakarta oleh penerbit Bumi Aksara tahun 2009, cetakan keenam.
  • Wikipedia/Konstitusi

Kita tidak akan pernah terlepas dari yang namanya "masalah"dalam kehidupan ini. Jika kita tidak memiliki masalah didunia ini lepaslah kodrat kita sebagai manusia (human), untuk kita ketahui masalah adalah harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Masalah beragam macam nya dari hal kecil hingga hal besar seperti cinta, masa depan, motivasi diri, konsep diri, dan sebagainya. Beban pikiran anda selama ini akan anda temukan jawaban nya di rumah-konsul.blogspot.com.
kirim masalah anda lewat email kami agar privasi anda lebih terjaga konsulrumah@gmail.com / Facebook : rumah konsul dan kami akan menceritakan nya lewat blog ini dan nama anda akan kami rahasiakan, tujuan kami agar bisa menjadi pelajaran bagi orang lain.

Hidup tak jauh dari kekurangan, tak perlu dilihat dari hal yang lebih tinggi, bisa ditemui dari kehidupan sehari – hari yang tak pernah kita sadari, yang terkadang kita mengganggapnya remeh. Rumah Konsul hadir bagi teman – teman untuk memberikan informasi,tips, trik, dan cara unik lainnnya sebagai penambah wawasan bagi teman – teman semua.

Happy Reading Friends…..