Translate

Tuesday 3 March 2015

Akibat Yang Ditimbulkan Apabila Terlalu Lama Menahan Buang Air Kecil

        Pada umumnya kejadian ini terjadi jika kita sedang terhimpit dalam suatu acara tertentu yang tidak dapat kita tinggalkan begitu saja. Contohnya Jika kita sedang menonton di bioskop, menghadiri rapat, sedang dalam perjalanan menggunakan kendaraan umum yang tidak di lengkapi dengan fasilitas toilet dan lain sebagainya.
      Menurut Dr soertomo slamet imansantoso seorang ahli penyakit dalam, pada umunya jika kita menahan buang air adalah membiarkan limbah,kotoran, dan racun yang seharusnya keluar. jika hal ini kita lakukan berkali kali akan berdapak buruk bagi tubuh kita kotoran atua libah racun yang hadak keluar juga mengandung virus-virus yang berbahaya bagi tubuh kita. Virus tersebut akan menyebabkan pada infeksi pada seluran kemih terjadinya infeksi tersebut dikarenakan naiknya kuman pada saluran kemih bahkan lebih fatal lagi jika kuman tersebut naik sampai pada ginjal kita hal ini akan berakibatkan pada gangguan ginjal atau saluran kemih kita.

    Limbah atau kotoran dari air kemih sangat berbahaya dikarenakan banyak mineral atau zat-zat yang kita peroleh dari makanan dan minum yang tidak larut di carna dalam tubah kita, zat ini akan bercampur dan jika tertahan dalam tubuh kita zat ini akan membeku dan menyumbat saluran kemih atau juga masuk ke dalam ginjal kita. jadi penyakit ini kadang kalah kita temukan bersama-sama dalam tubuh kita.
     Jadi, menahan kencing sampai satu jam sangat tidak dianjurkan. Sebaliknya, jika kita ingin buang air kecil, segera laksanakan. Jadi, segala macam zat yang tidak berguna akan segera keluar dan tidak diberi kesempatan berkembang di dalam badan. Jika sering menahan kencing, akibat lainnya adalah rasa tidak tuntas. Anda bisa kencing lagi 5 menit kemudian setelah Anda pertama kali kencing.
Ciri ciri awal dari penyakit ini adalah sering terjadinya nyeri pada pinggang, penyakit ini lebih sering diderita oleh pekerja dan orang yang sering menghabiskan waktunya untuk duduk. Penyakit ini lebih sering di alami oleh kaum pria dibanding kaum wanita. untuk mencegah terjadinya bahaya dari penyakit ini adalah kita harus sering meminum air putih secukupnya setiap hari.
Jika ada telah terkena penyakit tersebut ini adalah langkah yang dilakukan oleh dokter untuk mengobati penyakit tersebut.

1. percutaneus nephrolithotomy (PNL) yakni prosedur dimana dokter akan membuat sayatan kecil pada daerah pinggang penderita lalu dengan menggunakan alat khusus, lokasi batu ditentukan kemudian dihancurkan atau dipindahkan. Pecahan batu diharapkan akan keluar bersama aliran urin.
2. ureterorenoskopi (URS) biasanya dilakukan bila batu sudah turun sampai ke ureter. Prosedur ini biasanya tidak dilakukan sayatan karena suatu alat akan dimasukkan melalui kemaluan (uretra). Dari uretra, alat akan melewati kandung kemihdan terakhir, mencapai ureter.
3. extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) adalah pengobatan non invasif yang menggunakan gelombang kejut berkekuatan tinggi. Gelombang ini dihasilkan oleh suatu alat khusus, di luar tubuh penderita, lalu ditembakkan ke batu ginjal atau ureter. Tujuan dari metode ini adalah untuk memecah batu menjadi partikel-partikel yang cukup kecil sehingga dapat melewati ureter tanpa menimbulkan nyeri yang berarti.

    Jika Anda mengalami gejala yang mengarah pada adanya batu ginjal, terutama nyeri hilang timbul pada daerah pinggang atauperut bagian bawah, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter atau rumah sakit terdekat. Dokter akan menentukan terapi mana yang sesuai dengan kondisi Anda.
Coba ada pikirkan baik-baik lagi betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh kita dari pada kita harus mengalami terapi tersebut ketika dalam perjalanan jauh,terkadang kita malas untuk buang air kecil.nah ini yang bahaya,apabila terjadi gangguan pada saluran kencing.nah kalau sudah kejadian,maka segera periksalah,karena memang berbahaya penyakit ini.. untuk itu,kalau bisa jangan menahan air kencing ya..
Ada banyak orang sulit atau mungkn gak bisa buang air kencing disebabkan antara lain, benign prostatic hyperplasia (BPH atau pembesaran prostat), prostatitis (prostat), cystitis, kanker prosat, urethral stricture (penyemitan saluran kencing), dan bladder disorders (ketidak teraturan air kencing), penyebab orang susah buang air kecil juga sangat bergantung pada jenis kelamin. pada pria, gangguan ini umumnya disebabkan oleh pembesaran prostrat jinak dan sumbatan batu. sedangkan pada wanita, biasanya disebabkan oleh sumbatan batu dan infeksi saluran kencing.

ada beberapa cara yang bisa kitalakukan agar tidak terserang penyakit susah buang air kecil :
1. Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang sehat, minum air putih yang zat kapurnya rendah,misalnya air mineral.. minumlah sekurang-kurangnya 3-4 liter sehari.
2. Jangan sering menahan kencing,
3. Jangan duduk terlalu lama, karena dapat menyebabkan susah buang air kecil. jika pekerjaan anda banyak duduk, usahakan sekali2 berdiri untuk relaksasi.
4. Hindari menggunakan pakaian yang ketat, terutama celana, karena dapat mengganggu sistem kerja saluran kencing. pakailah yang longgar saja.
5. Jangan menggunakan celana yang berbahan dasar kaos atau nilon. gunaan celana dalam yang berbahan dasar katun, sebab aman bagi alat vital dan saluran kencing ketimbang yang berbahan dasar kaos atau nilon.

No comments:

Post a Comment

Kita tidak akan pernah terlepas dari yang namanya "masalah"dalam kehidupan ini. Jika kita tidak memiliki masalah didunia ini lepaslah kodrat kita sebagai manusia (human), untuk kita ketahui masalah adalah harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Masalah beragam macam nya dari hal kecil hingga hal besar seperti cinta, masa depan, motivasi diri, konsep diri, dan sebagainya. Beban pikiran anda selama ini akan anda temukan jawaban nya di rumah-konsul.blogspot.com.
kirim masalah anda lewat email kami agar privasi anda lebih terjaga konsulrumah@gmail.com / Facebook : rumah konsul dan kami akan menceritakan nya lewat blog ini dan nama anda akan kami rahasiakan, tujuan kami agar bisa menjadi pelajaran bagi orang lain.

Hidup tak jauh dari kekurangan, tak perlu dilihat dari hal yang lebih tinggi, bisa ditemui dari kehidupan sehari – hari yang tak pernah kita sadari, yang terkadang kita mengganggapnya remeh. Rumah Konsul hadir bagi teman – teman untuk memberikan informasi,tips, trik, dan cara unik lainnnya sebagai penambah wawasan bagi teman – teman semua.

Happy Reading Friends…..