Translate

Thursday 21 December 2023

Apa itu Qris (Quick Response Code Indonesian Standard) dan Cara Kerjanya

QRIS, atau Quick Response Code Indonesian Standard, adalah sebuah standar kode QR yang digunakan untuk memudahkan proses pembayaran elektronik di Indonesia. Cara kerja QRIS melibatkan beberapa tahap sebagai berikut:

A. Pembuatan Kode QRIS:

Pedagang atau penyedia jasa membuat QRIS dengan menyematkan informasi tertentu di dalamnya. Informasi tersebut mencakup ID merchant, jumlah pembayaran, mata uang, dan lainnya.

B. Pembacaan Kode QRIS:

Konsumen menggunakan aplikasi pembayaran elektronik atau dompet digital yang mendukung QRIS untuk memindai atau membaca kode QRIS yang disediakan oleh pedagang.

C. Pemrosesan Data:

Aplikasi pembayaran elektronik membaca dan menguraikan informasi yang terkandung dalam QRIS. Ini mencakup ID merchant, jumlah pembayaran, dan data lainnya.

D. Verifikasi Pembayaran:

Sistem pembayaran melakukan verifikasi transaksi, memeriksa apakah ID merchant dan jumlah pembayaran sesuai dengan informasi yang diberikan oleh pedagang.

E. Pemberitahuan Transaksi:

Setelah transaksi diverifikasi, baik pedagang maupun konsumen menerima pemberitahuan transaksi yang berhasil.

F. Pemrosesan Keuangan:

Informasi transaksi dikirim ke sistem keuangan untuk pemrosesan pembayaran, yang melibatkan transfer dana dari dompet digital konsumen ke akun pedagang.

G. Rekonsiliasi dan Pelaporan:

Sistem melakukan rekonsiliasi untuk memastikan bahwa semua transaksi tercatat dengan benar. Data transaksi kemudian dapat digunakan untuk tujuan pelaporan dan manajemen keuangan.

QRIS memiliki beberapa keunggulan, termasuk kemudahan penggunaan, peningkatan kecepatan transaksi, dan dukungan untuk berbagai jenis pembayaran elektronik. QRIS juga mendukung interoperabilitas, artinya satu aplikasi pembayaran dapat digunakan untuk bertransaksi dengan pedagang yang menggunakan aplikasi pembayaran yang berbeda.

Perlu dicatat bahwa sistem dan langkah-langkah di atas dapat bervariasi tergantung pada penyedia jasa pembayaran, aplikasi pembayaran, dan platform teknologi yang digunakan.

No comments:

Post a Comment

Kita tidak akan pernah terlepas dari yang namanya "masalah"dalam kehidupan ini. Jika kita tidak memiliki masalah didunia ini lepaslah kodrat kita sebagai manusia (human), untuk kita ketahui masalah adalah harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Masalah beragam macam nya dari hal kecil hingga hal besar seperti cinta, masa depan, motivasi diri, konsep diri, dan sebagainya. Beban pikiran anda selama ini akan anda temukan jawaban nya di rumah-konsul.blogspot.com.
kirim masalah anda lewat email kami agar privasi anda lebih terjaga konsulrumah@gmail.com / Facebook : rumah konsul dan kami akan menceritakan nya lewat blog ini dan nama anda akan kami rahasiakan, tujuan kami agar bisa menjadi pelajaran bagi orang lain.

Hidup tak jauh dari kekurangan, tak perlu dilihat dari hal yang lebih tinggi, bisa ditemui dari kehidupan sehari – hari yang tak pernah kita sadari, yang terkadang kita mengganggapnya remeh. Rumah Konsul hadir bagi teman – teman untuk memberikan informasi,tips, trik, dan cara unik lainnnya sebagai penambah wawasan bagi teman – teman semua.

Happy Reading Friends…..