BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pendidikan melalui internet menjadi
salah satu bentuk pendidikan yang sangat dibutuhkan. Persiapan SDM (Sumber Daya
Manusia) dengan menberdayakan teknologi informasi terutama dalammenghasilkan
tenaga akademik dan alumni kompetitif menjadi sesuatu yang mendesak.
E-learning merupakan penyampaian informasi,
komunikasi, dan pelatihan dalam rangka menyelenggarakan pendidikan yang
dilakukan melalui media internet ataupun elektronik.Hal ini tidak berarti
e-learning menggantikan model belajar konvensional didalam kelas, tetapi
memperkuat model belajar tersebut melalui pengayaan content dan pengembangan
teknilogi pendidikan.
Komunikasi antar guru dan siswa akan
relatif lebih mudah dengan memanfaatkan jasa teknologi elektronik, karena tanpa
dibatasi oleh hal-hal yang protokoler dan menggunakan bahan ajar yang bersifat
mandiri dan dapat disimpan dalam komputer server sehingga dapat di akses oleh
guru dan siswa tanpa tergantung ruang dan waktu.
Pada SMA N 12 PADANG, pembelajaran
yang ada hanya berlangsung di kelas pada jadwal yang telah ditetapkan. sehingga
masalah yang muncul adalah sulitnya untuk berkomunikasi antara guru dan siswa.
Juga diharapkan dengan adanya aplikasi e-learning, dapat menyelesaikan masalah
alternatif pembelajaran yang ada di kelas secara efektif agar lebih mudah
dipahami oleh siswa dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Selain itu dengan adanya sebuah
website pembelajaran, siswa dapat mengambil bahan-bahan pelajaran melalui
teknologi internet. Selain itu, siswa juga dapat mengetahui informasi terbaru
dari guru di sekolah melalui website
ini. Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis tertarik untuk melakukan
penulisan laporan berupa skripsi dengan judul : “IMPLEMENTASI PHP DALAM MEMBANGUN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA SMAN 12
PADANG”
1.2 Rumusan
Masalah
Maka untuk memperjelas
permasalahan yang akan diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai
berikut :
1. Bagaimana komunikasi yang dilakukan atara guru dan
siswa ?
2. Apakah media pembelajaran yang digunakan di
sekolah tersebut efektif ?
1.3
Hipotesa
Berdasarkan
permasalahan, maka dapat disimpulkan beberapa hipotesa sebagai berikut :
1. Diharapkan dapat
mempermudah komunikasi antara siswa dan guru yang ada di SMAN 12 Padang
2. Diharapkan juga agar media
pembelajaran yang digunakan di SMAN 12 Padang menjadi lebih efektif dan efisien
1.4 Batasan Masalah
Mengingat keterbatasan waktu dan
kemampuan peneliti, maka penelitian ini hanya difokuskan pada tentang bahan
ajar mata pelajaran dan tugas yang diberikan oleh guru di SMAN 12 PADANG, dengan menggunakan aplikasi PHP dan database Mysql.
1.5
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini
adalah sebagai berikut:
1.
Memanfaatkan
kemajuan teknologi untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan yang lebih
efektif dan efisien.
2.
Dapat memotivasi
siswa untuk memanfaatkan fasilitas E-Learning secara optimal menggunakan
berbagai sumber belajar yang ada, dan tidak hanya mengandalkan pemberian materi
dari guru
3.
Memberikan masukan bagi sekolah untuk terus mengadakan pelatihan dan pengembangan dalam menggunakan dan memanfaatkan
E-Learning secara lebih maksimal.
1.6 Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat diambil dari
pelaksanaan Penelitian ini adalah :
1.
Dapat mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar
dari sistem yang telah dibuat.
2. Komunikasi
antar guru dan siswa akan relatif lebih mudah dengan memanfaatkan jasa teknologi elektronik
1.7 Metodologi Penelitian
Beberapa
metode penelitian yang dilakukan antara lain :
1. Riset Lapangan (Field Research)
Dalam metode ini dilakukan penelitian
secara langsung ke objek penelitian atau sekolah yang bersangkutan.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara:
a) Wawancara (Interview)
b) Pengamatan (Observasi)
2. Riset
Kepustakaan (Library Research)
Penelitian
yang dilakukan dengan membaca, mempelajari dan mengutip
informasi-informasi yang
berhubungan erat dengan permasalahan
yang dibahas.
3.
Penelitian Labolatorium (Labolatory
Research)
Data dan informasi yang telah
terkumpul, dilakukan pengolahan di labolatorium
komputer untuk merancang program aplikasi PHP untuk melihat kinerja, kelebihan
dan keandalannya.
Spesifikasi perangkat keras dan
perangkat lunak yang digunakan adalah :
a. Perangkat keras (hardware)
1) Intel Core i3-380M 2.53Ghz
2) RAM 2048 MB
3) Monitor LCD 14”
4) Harddisk 320 GB
5) DVD-RW ASUS
6) Mouse
7) Keyboard
8) Printer Canon inkjet iP 1700
b. Perangkat lunak (software)
1) Sistem
Operasi Microsoft Windows 7 Ultimate 32-bit
2) Macromedia Dreamweaver
3) Microsoft Office word 2007
4) Adobe Photoshop
1.8
Gambaran Umum Sekolah
Pada gambaran umum sekolah SMAN 12 Padang akan dibahas tentang sejarah berdirinya sekolah, visi misi sekolah dan struktur organisasi sekolah tersebut.
1.8.1 Sejarah
Pada awal berdirinya
SMAN 12 Padang tepatnya pada awal tahun pelajaran 1994/1995, dimana statusnya
adalah di bawah gendongan SMA NEGERI 1 Padang dan pelaksanaan proses belajar
mengajar (PBM) menumpang di gedung SD Negeri 20 Nanggalo kelurahan Kurao
Pagang, Kecamatan Nanggalo Padang.
Beranjak dari kondisi serba kekurangan,
Bapak Drs Yusmar selaku kepala sekolah SMAN 1 Padang mengahantarkan SMA 12
Padang memiliki gedung sendiri pada tahun 1996 yang berlokasi di gurun laweh
kecamatan Nanggalo Padang. Atas dukungan semua guru yang ada dan staf tata
usaha dan pihak BP3 yang diketuai oleh M Sidiq Rajo Lelo. Bapak Drs.Truman
sebagai pelaksana harian telah melakukan berbagai bentuk usaha untuk
mengembangkan SMAN 12 Padang mencapai standar pendidikan yang layak.
Akhir tahun pelajaran
1995/1996 SMAN 12 Padang ditunjuk sebagai pelaksana program unggulan untuk
daerah Kota Padang. Hal ini dimaksudkan untuk memacu penigkatan prestasi dan
memeratakan mutu pendidikan SMA di kota Padang. Selain itu SMA 12 Padang juga
ditetapkan sebagai pelaksana program sekolah beerbakat sesuai dengan kebijakan
kanwil Depdikbud Provinsi Sumatra Barat saat itu.
Pada awal
tahun pelajaran 1996/1997 SMA Negeri 12 Padang telah berdiri sendiri yaitu
telah dilantiknya Drs. Novezar Muchtar sebagai kepala sekolah definitif
tepatnya pada tanggal 6 Juni 1996 maka kepemimpinan II SMAN 12 Padang dibawah
pimpinan Drs. Novezar Muchtar, mulai tahun inilah SMAN 12 Padang terus
melangkah meraih prestasi dalam meningkatkan mutu pendidikan SMA di kota
Padang. Drs. Novezar Muchtar mengakhiri masa jabatannya pada tahun 2001.
Kemajuan-kemajuan
yang telah dicapai pada kepemimpinan Drs. Novezar Muchtar dilanjutkan oleh Drs.
Agustaman yang dimulai pada Januari 2001 sampai dengan Februari 2002. Drs.
Agustaman tidak lama memimpin SMAN 12 Padang karena meninggal dunia dipanggil
yang maha kuasa.
Kepemimpinan SMAN 12 Padang
yang ke III adalah Drs. Suardi Dahlan, beliau juga meraih prestasi dalam
mengkondisikan masyarakat gurun laweh bersaing meraih prestasi terutama untuk
masuk ke SMAN 12 Padang tidak ada lagi penerimaan siswa kelas 1 dari
jatah-jatah tokoh masyarakat gurun laweh. Apa yang telah dilakukan Drs. Suardi
Dahlan dengan segala resiko dan tantangan dari ninik mamak tokoh masyarakat
gurun laweh berhasil dilewati dengan cara mengadakan dakwah ramadhan keliling
dari mesjid ke mesjid, belajar tambahan gratis di SMAN 12 Padang bagi siswa
SMA/MTS kelas III yang berdomisili di kecamatan Nanggalo. Hal ini mendapat
respon positive oleh kepala dinas pendidikan Drs. H Nur Amin, M.Pd dan walikota
padang Drs. Fauzi Bahar,M.si dan dijadikan sikap ini sebagai cikal PSB online di
kota Padang. Seiring bergulirnya mutasi di kota Padang kepala sekolah yang ke
IV ini mengakhiri masa jabatan nya di SMAN 12 Padang dan dimutasikan ke SMAN 1
Padang pada bulan Juni 2004.
Kepemimpinan SMA N 12
Padang yang ke IV adalah Drs. Masril, dimasa kepemimpinan Drs. Masril,M.Pd ini
SMAN 12 Padang kembali meraih prestasi dibidang lingkungan hidup 3 tahun
berturut-turut SMAN 12 Padang mendapat penghargaan dari BAPEDALDA Kota Padang
dan provinsi dengan meraih predikat juara 1 sekolah bernuansa lingkungan pada
tahun 2006, juara harapan sekolah adiwiyata tingkat provinsi pada tahun 2007
dan 2008 kembali meraih predikat harapan 1 sekolah adiwiyata. Bulan Juli 2008
prestasi dibidang akademik juga meningkat terlihat dari semakin banyaknya siswa
yang diterima di perguruan tinggi negeri. Selain itu pada tahun 2007/2008
kepala sekolah yang ke IV ini meraih predikat juara 1 kepala sekolah
berprestasi se kota Padang, Drs. Masril,M.Pd mengakhiri masa jabatannya di SMAN
12 Padang pada bulan Juli 2008 dan dimutasikan ke SMAN 6 Padang.
Kepemimpinan
SMAN 12 Padang yang ke V dijalankan oleh Drs. Prima Yunaldi,M.M. kemajuan yang
telah diraih selama ini berhasil dipertahankan seperti di bidang sekolah
adiwiyata, SMAN 12 Padang kembali meraih peringkat IV provinsi. Di bidang
akademik SMAN 12 Padang berhasil meraih juara 1 olimpiade bahasa jepang tingkat
SMA yang diadakan di UNAND dan banyak prestasi lainnya. Selain itu jumlah siswa
yang tembus ke perguruan tinggi semakin meningkat dan sudah menembus perguruan
tinggi ternama diluar Sumatra seperti UGM,UNPAD,IPB dll. Selain itu dibidang
IMTAQ terjadi perkembangan seperti gencarnya sms tahajud yang dilakukan
murid-murid hingga guru. Pada tahun pelajaran 2009/2010 SMAN 12 Padang
dipercaya melaksanakan program sekolah standar nasional. Drs. Prima Yunaldi,M.M
mengakhiri jabatannya di SMA 12 pada tanggal 14 Maret 2011 dan dimutasikan ke
SMA 2 Padang.
Kepemimpinan SMAN 12
Padang yang ke IV dijalankan oleh Drs.H. Herman Hamad, M.Kom. saat dipimpin
oleh beliau SMA 12 Padang berhasil meraih peringkat V adiwiyata tingkat
provinsi dan peringkat I kota Padang. Pada bidang akademik SMA 12 Padang
berhasil lulus 100% pada tahun 2012, dan berhasil menelorkan 8 orang siswa
jalur PDMK. Pada tahun 2011/2012 beliau berani melakukan gebrakan penerimaan
siswa baru sebanyak 360 siswa melalui psb online dan pada tahun 2012/2013
meningkat menjadi 11 kelas menjadi 440 siswa. Pada bulan Januari kemarin beliau
ditarik ke dinas dan sekarang menjadi pengawas di dinas pendidikan kota Padang.
Kepemimpinan SMAN 12
Padang selanjutnya dijalankan oleh Drs. Zuwirman,M.Pd, kepemimpinan yang baru
yang dilakukan beliau sangat memuaskan SMA 12 Padang dapat diterima 46 orang
melalui jalur SNMPTN(tanpa tes) pada perguruan tinggi favorit, dibidang
akademik juga sudah ada begitu pun dibidang olahraga dan banyak lagi yang tidak
sempat disebutkan satu persatu.
1.8.2 Visi Misi
Visi :
Terciptanya warga sekolah yang religius,
disiplin, jujur, bersahabat dan peduli lingkungan
Misi :
1. Menumbuh
kembangkan suasana dan kegiatan keagamaan yang dimulai dengan sholat berjamaah
2. Membudayakan kebiasaan berlaku jujur di dalam
maupun diluar lingkungan
sekolah
3. Mengimplementasikan kedisiplinan dalam
kehidupan sehari-hari
4. Membina keakraban dan persaudaraan antar
sesama warga sekolah
5. Mengembangkan rasa cinta dan kepedulian
terhadap lingkungan
6. Menghasilkan lulusan cerdas dan berkarakter
yang dapat diterima dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat melanjutkan
ke
perguruan
tinggi negeri yang favorit
1.8.3 Struktur Organisasi
Berikut adalah
pembagian tugas dari struktur organisasi SMA Negeri 12 Padang,
1.
Kepala Sekolah
Kepala
Sekolah bertugas memimpin dan mengkoordinasikan
semua pelaksanaan rencana kerja harian, mingguan, bulanan catur wulan dan
tahunan. Mengadakan hubungan dan kerjasama dengan pejabat-pejabat resmi
setempat dalam usaha pembinaan sekolah.
2. Kepala Tata Usaha
Menyusun program tata usaha sekolah,
mengurus administrasi ketenagaan dan siswa, membina dan pengembangan karier
pegawai tata usaha sekolah, menyusun administrasi perlengkapan sekolah,
menyusun dan penyajian data/statistik sekolah, mengkoordinasikan dan
melaksanakan K6, membuat laporan kegiatan tata usaha.
3.
Ur. Kurikulum
Menyusun
program pengajaran, pembagian tugas dan jadwal pelajaran, jadwal
ulangan/evaluasi, kriteria kenaikan/ketidaknaikan/kelulusan, mengarahkan
pembuatan satpel, membina lomba akademis dan MGMP.
4.
Ur. Kesiswaan
Menyusun program pembinaan OSIS,
melaksanakan pembimbingan dan pengarahan kegiatan OSIS, melaksanakan koordinasi
K6, pemilihan siswa teladan/penerima beasiswa, mutasi siswa, program ekstra
kurikuler, membuat laporan kegiatan kesiswaan secara berkala.
5. Ur.
Sarana-Prasarana
Menyusun rencana kebutuhan sarana dan
prasarana, mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana, pengelola
pembiayaan alat-alat pengajaran, dan menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana
dan prasarana secara berkala.
6. Ur. Humas
Mengatur dan menyelenggarakan hubungan
sekolah dengan orang tua/wali siswa, membina hubungan antar sekolah, komite
sekolah, lembaga dan instansi terkait, dan membuat laporan pelaksanaan hubungan
masyarakat secara berkala.
No comments:
Post a Comment