Translate

Thursday 12 February 2015

Contoh Skripsi BAB I E-Learning


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Pendidikan melalui internet menjadi salah satu bentuk pendidikan yang sangat dibutuhkan. Persiapan SDM (Sumber Daya Manusia) dengan menberdayakan teknologi informasi terutama dalammenghasilkan tenaga akademik dan alumni kompetitif menjadi sesuatu yang mendesak.
 E-learning merupakan penyampaian informasi, komunikasi, dan pelatihan dalam rangka menyelenggarakan pendidikan yang dilakukan melalui media internet ataupun elektronik.Hal ini tidak berarti e-learning menggantikan model belajar konvensional didalam kelas, tetapi memperkuat model belajar tersebut melalui pengayaan content dan pengembangan teknilogi pendidikan.
Komunikasi antar guru dan siswa akan relatif lebih mudah dengan memanfaatkan jasa teknologi elektronik, karena tanpa dibatasi oleh hal-hal yang protokoler dan menggunakan bahan ajar yang bersifat mandiri dan dapat disimpan dalam komputer server sehingga dapat di akses oleh guru dan siswa tanpa tergantung ruang dan waktu.
Pada SMA N 12 PADANG, pembelajaran yang ada hanya berlangsung di kelas pada jadwal yang telah ditetapkan. sehingga masalah yang muncul adalah sulitnya untuk berkomunikasi antara guru dan siswa. Juga diharapkan dengan adanya aplikasi e-learning, dapat menyelesaikan masalah alternatif pembelajaran yang ada di kelas secara efektif agar lebih mudah dipahami oleh siswa dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Selain itu dengan adanya sebuah website pembelajaran, siswa dapat mengambil bahan-bahan pelajaran melalui teknologi internet. Selain itu, siswa juga dapat mengetahui informasi terbaru dari guru di  sekolah melalui website ini. Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis tertarik untuk melakukan penulisan laporan berupa skripsi dengan judul : “IMPLEMENTASI PHP DALAM MEMBANGUN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA SMAN 12 PADANG

1.2   Rumusan Masalah
Maka untuk memperjelas permasalahan yang akan diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana komunikasi yang dilakukan atara guru dan siswa ?
2. Apakah media pembelajaran yang digunakan di sekolah tersebut efektif ?
1.3  Hipotesa
Berdasarkan permasalahan, maka dapat disimpulkan beberapa hipotesa sebagai berikut :
1.      Diharapkan dapat mempermudah komunikasi antara siswa dan guru yang ada di SMAN 12 Padang
2.      Diharapkan juga agar media pembelajaran yang digunakan di SMAN 12 Padang menjadi lebih efektif dan efisien
1.4  Batasan Masalah
       Mengingat keterbatasan waktu dan kemampuan peneliti, maka penelitian ini hanya difokuskan pada tentang bahan ajar mata pelajaran dan tugas yang diberikan oleh guru di SMAN 12 PADANG, dengan menggunakan aplikasi PHP dan database Mysql.
 
1.5 Tujuan Penelitian
      Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan yang lebih efektif dan efisien.
2.      Dapat memotivasi siswa untuk memanfaatkan fasilitas E-Learning secara optimal menggunakan berbagai sumber belajar yang ada, dan tidak hanya mengandalkan pemberian materi dari guru
3.      Memberikan masukan bagi sekolah untuk terus mengadakan pelatihan  dan pengembangan dalam menggunakan dan memanfaatkan E-Learning secara lebih maksimal.

1.6 Manfaat Penelitian
       Manfaat yang dapat diambil dari pelaksanaan Penelitian ini adalah :
          1.      Dapat mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar dari sistem yang telah dibuat.
          2. Komunikasi antar guru dan siswa akan relatif lebih mudah dengan            memanfaatkan jasa teknologi elektronik
1.7  Metodologi Penelitian
      Beberapa metode penelitian yang dilakukan antara lain :
1. Riset Lapangan (Field Research)
           Dalam metode ini dilakukan penelitian secara langsung ke objek penelitian         atau sekolah yang bersangkutan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara:
a) Wawancara (Interview)
b) Pengamatan (Observasi)

     2. Riset Kepustakaan (Library Research)
          Penelitian yang dilakukan dengan membaca, mempelajari dan      mengutip         informasi-informasi yang berhubungan erat dengan             permasalahan yang dibahas.

            3. Penelitian Labolatorium (Labolatory Research)
Data dan informasi yang telah terkumpul, dilakukan pengolahan di      labolatorium komputer untuk merancang program aplikasi PHP untuk melihat kinerja, kelebihan dan keandalannya.
  
Spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan adalah :
a.    Perangkat keras (hardware)
1)      Intel Core i3-380M 2.53Ghz
2)      RAM 2048 MB
3)      Monitor LCD 14”
4)      Harddisk 320 GB
5)      DVD-RW ASUS
6)      Mouse
7)      Keyboard
8)      Printer Canon inkjet iP 1700

b.    Perangkat lunak (software)
1)    Sistem Operasi Microsoft Windows 7 Ultimate 32-bit
2)      Macromedia Dreamweaver
3)      Microsoft Office word 2007
4)      Adobe Photoshop

1.8  Gambaran Umum Sekolah
Pada gambaran umum sekolah SMAN 12 Padang akan dibahas tentang sejarah berdirinya sekolah, visi misi sekolah dan struktur organisasi sekolah tersebut.
 
1.8.1 Sejarah
Pada awal berdirinya SMAN 12 Padang tepatnya pada awal tahun pelajaran 1994/1995, dimana statusnya adalah di bawah gendongan SMA NEGERI 1 Padang dan pelaksanaan proses belajar mengajar (PBM) menumpang di gedung SD Negeri 20 Nanggalo kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo Padang.
     Beranjak dari kondisi serba kekurangan, Bapak Drs Yusmar selaku kepala sekolah SMAN 1 Padang mengahantarkan SMA 12 Padang memiliki gedung sendiri pada tahun 1996 yang berlokasi di gurun laweh kecamatan Nanggalo Padang. Atas dukungan semua guru yang ada dan staf tata usaha dan pihak BP3 yang diketuai oleh M Sidiq Rajo Lelo. Bapak Drs.Truman sebagai pelaksana harian telah melakukan berbagai bentuk usaha untuk mengembangkan SMAN 12 Padang mencapai standar pendidikan yang layak. 
Akhir tahun pelajaran 1995/1996 SMAN 12 Padang ditunjuk sebagai pelaksana program unggulan untuk daerah Kota Padang. Hal ini dimaksudkan untuk memacu penigkatan prestasi dan memeratakan mutu pendidikan SMA di kota Padang. Selain itu SMA 12 Padang juga ditetapkan sebagai pelaksana program sekolah beerbakat sesuai dengan kebijakan kanwil Depdikbud Provinsi Sumatra Barat saat itu.
     Pada awal tahun pelajaran 1996/1997 SMA Negeri 12 Padang telah berdiri sendiri yaitu telah dilantiknya Drs. Novezar Muchtar sebagai kepala sekolah definitif tepatnya pada tanggal 6 Juni 1996 maka kepemimpinan II SMAN 12 Padang dibawah pimpinan Drs. Novezar Muchtar, mulai tahun inilah SMAN 12 Padang terus melangkah meraih prestasi dalam meningkatkan mutu pendidikan SMA di kota Padang. Drs. Novezar Muchtar mengakhiri masa jabatannya pada tahun 2001.
     Kemajuan-kemajuan yang telah dicapai pada kepemimpinan Drs. Novezar Muchtar dilanjutkan oleh Drs. Agustaman yang dimulai pada Januari 2001 sampai dengan Februari 2002. Drs. Agustaman tidak lama memimpin SMAN 12 Padang karena meninggal dunia dipanggil yang maha kuasa.
Kepemimpinan SMAN 12 Padang yang ke III adalah Drs. Suardi Dahlan, beliau juga meraih prestasi dalam mengkondisikan masyarakat gurun laweh bersaing meraih prestasi terutama untuk masuk ke SMAN 12 Padang tidak ada lagi penerimaan siswa kelas 1 dari jatah-jatah tokoh masyarakat gurun laweh. Apa yang telah dilakukan Drs. Suardi Dahlan dengan segala resiko dan tantangan dari ninik mamak tokoh masyarakat gurun laweh berhasil dilewati dengan cara mengadakan dakwah ramadhan keliling dari mesjid ke mesjid, belajar tambahan gratis di SMAN 12 Padang bagi siswa SMA/MTS kelas III yang berdomisili di kecamatan Nanggalo. Hal ini mendapat respon positive oleh kepala dinas pendidikan Drs. H Nur Amin, M.Pd dan walikota padang Drs. Fauzi Bahar,M.si dan dijadikan sikap ini sebagai cikal PSB online di kota Padang. Seiring bergulirnya mutasi di kota Padang kepala sekolah yang ke IV ini mengakhiri masa jabatan nya di SMAN 12 Padang dan dimutasikan ke SMAN 1 Padang pada bulan Juni 2004.
Kepemimpinan SMA N 12 Padang yang ke IV adalah Drs. Masril, dimasa kepemimpinan Drs. Masril,M.Pd ini SMAN 12 Padang kembali meraih prestasi dibidang lingkungan hidup 3 tahun berturut-turut SMAN 12 Padang mendapat penghargaan dari BAPEDALDA Kota Padang dan provinsi dengan meraih predikat juara 1 sekolah bernuansa lingkungan pada tahun 2006, juara harapan sekolah adiwiyata tingkat provinsi pada tahun 2007 dan 2008 kembali meraih predikat harapan 1 sekolah adiwiyata. Bulan Juli 2008 prestasi dibidang akademik juga meningkat terlihat dari semakin banyaknya siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri. Selain itu pada tahun 2007/2008 kepala sekolah yang ke IV ini meraih predikat juara 1 kepala sekolah berprestasi se kota Padang, Drs. Masril,M.Pd mengakhiri masa jabatannya di SMAN 12 Padang pada bulan Juli 2008 dan dimutasikan ke SMAN 6 Padang.
     Kepemimpinan SMAN 12 Padang yang ke V dijalankan oleh Drs. Prima Yunaldi,M.M. kemajuan yang telah diraih selama ini berhasil dipertahankan seperti di bidang sekolah adiwiyata, SMAN 12 Padang kembali meraih peringkat IV provinsi. Di bidang akademik SMAN 12 Padang berhasil meraih juara 1 olimpiade bahasa jepang tingkat SMA yang diadakan di UNAND dan banyak prestasi lainnya. Selain itu jumlah siswa yang tembus ke perguruan tinggi semakin meningkat dan sudah menembus perguruan tinggi ternama diluar Sumatra seperti UGM,UNPAD,IPB dll. Selain itu dibidang IMTAQ terjadi perkembangan seperti gencarnya sms tahajud yang dilakukan murid-murid hingga guru. Pada tahun pelajaran 2009/2010 SMAN 12 Padang dipercaya melaksanakan program sekolah standar nasional. Drs. Prima Yunaldi,M.M mengakhiri jabatannya di SMA 12 pada tanggal 14 Maret 2011 dan dimutasikan ke SMA 2 Padang.
Kepemimpinan SMAN 12 Padang yang ke IV dijalankan oleh Drs.H. Herman Hamad, M.Kom. saat dipimpin oleh beliau SMA 12 Padang berhasil meraih peringkat V adiwiyata tingkat provinsi dan peringkat I kota Padang. Pada bidang akademik SMA 12 Padang berhasil lulus 100% pada tahun 2012, dan berhasil menelorkan 8 orang siswa jalur PDMK. Pada tahun 2011/2012 beliau berani melakukan gebrakan penerimaan siswa baru sebanyak 360 siswa melalui psb online dan pada tahun 2012/2013 meningkat menjadi 11 kelas menjadi 440 siswa. Pada bulan Januari kemarin beliau ditarik ke dinas dan sekarang menjadi pengawas di dinas pendidikan kota Padang.
Kepemimpinan SMAN 12 Padang selanjutnya dijalankan oleh Drs. Zuwirman,M.Pd, kepemimpinan yang baru yang dilakukan beliau sangat memuaskan SMA 12 Padang dapat diterima 46 orang melalui jalur SNMPTN(tanpa tes) pada perguruan tinggi favorit, dibidang akademik juga sudah ada begitu pun dibidang olahraga dan banyak lagi yang tidak sempat disebutkan satu persatu.    
  
1.8.2 Visi Misi
             Visi :
      Terciptanya warga sekolah yang religius, disiplin, jujur, bersahabat dan peduli lingkungan
 Misi :
 1. Menumbuh kembangkan suasana dan kegiatan keagamaan yang                                 dimulai dengan sholat berjamaah
2.  Membudayakan kebiasaan berlaku jujur di dalam maupun diluar                    lingkungan sekolah
3.   Mengimplementasikan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari
4.    Membina keakraban dan persaudaraan antar sesama warga                            sekolah
5.   Mengembangkan rasa cinta dan kepedulian terhadap lingkungan
6.    Menghasilkan lulusan cerdas dan berkarakter yang dapat diterima                  dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat melanjutkan ke           
         perguruan tinggi negeri yang favorit
1.8.3 Struktur Organisasi
         Berikut adalah pembagian tugas dari struktur organisasi SMA Negeri 12 Padang,
1.      Kepala Sekolah
Kepala Sekolah bertugas memimpin dan mengkoordinasikan semua pelaksanaan rencana kerja harian, mingguan, bulanan catur wulan dan tahunan. Mengadakan hubungan dan kerjasama dengan pejabat-pejabat resmi setempat dalam usaha pembinaan sekolah.
2.        Kepala Tata Usaha
Menyusun program tata usaha sekolah, mengurus administrasi ketenagaan dan siswa, membina dan pengembangan karier pegawai tata usaha sekolah, menyusun administrasi perlengkapan sekolah, menyusun dan penyajian data/statistik sekolah, mengkoordinasikan dan melaksanakan K6, membuat laporan kegiatan tata usaha.
3.          Ur. Kurikulum
Menyusun program pengajaran, pembagian tugas dan jadwal pelajaran, jadwal ulangan/evaluasi, kriteria kenaikan/ketidaknaikan/kelulusan, mengarahkan pembuatan satpel, membina lomba akademis dan MGMP.
4.           Ur. Kesiswaan
Menyusun program pembinaan OSIS, melaksanakan pembimbingan dan pengarahan kegiatan OSIS, melaksanakan koordinasi K6, pemilihan siswa teladan/penerima beasiswa, mutasi siswa, program ekstra kurikuler, membuat laporan kegiatan kesiswaan secara berkala.

5.           Ur. Sarana-Prasarana
Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana, mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana, pengelola pembiayaan alat-alat pengajaran, dan menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana secara berkala.
6.           Ur. Humas
Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua/wali siswa, membina hubungan antar sekolah, komite sekolah, lembaga dan instansi terkait, dan membuat laporan pelaksanaan hubungan masyarakat secara berkala.

Contoh Website E-Learning :  E-Learning SMA 12 Padang

No comments:

Post a Comment

Kita tidak akan pernah terlepas dari yang namanya "masalah"dalam kehidupan ini. Jika kita tidak memiliki masalah didunia ini lepaslah kodrat kita sebagai manusia (human), untuk kita ketahui masalah adalah harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Masalah beragam macam nya dari hal kecil hingga hal besar seperti cinta, masa depan, motivasi diri, konsep diri, dan sebagainya. Beban pikiran anda selama ini akan anda temukan jawaban nya di rumah-konsul.blogspot.com.
kirim masalah anda lewat email kami agar privasi anda lebih terjaga konsulrumah@gmail.com / Facebook : rumah konsul dan kami akan menceritakan nya lewat blog ini dan nama anda akan kami rahasiakan, tujuan kami agar bisa menjadi pelajaran bagi orang lain.

Hidup tak jauh dari kekurangan, tak perlu dilihat dari hal yang lebih tinggi, bisa ditemui dari kehidupan sehari – hari yang tak pernah kita sadari, yang terkadang kita mengganggapnya remeh. Rumah Konsul hadir bagi teman – teman untuk memberikan informasi,tips, trik, dan cara unik lainnnya sebagai penambah wawasan bagi teman – teman semua.

Happy Reading Friends…..